AZIZAH SEFIA PUSPASARI (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK BERBASIS DIGITAL MELALUI WHATSAPP DI INSTANSI PEMERINTAH DAERAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS: DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GUNUNGKIDUL). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (747kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (268kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (298kB)
Bab I.pdf
Download (591kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (587kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (805kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (187kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (390kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (188kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (479kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
COVID-19 MEMBERIKAN PENGARUH BAGI BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN KHUSUSNYA BAGI INSTANSI PEMERINTAH. ADANYA ATURAN UNTUK TETAP DIRUMAH DAN MENJAUHI KERUMUNAN MEMBUAT PELAYANAN HARUS TERHAMBAT. HAL INI MENUNTUT INSTANSI PEMERINTAH UNTUK BERINOVASI MEMBERIKAN PELAYANAN SECARA DIGITAL. DIDUKUNG DENGAN KELUARNYA SURAT YANG DIKELUARKAN OLEH KEMENTRIAN DALAM NEGERI NO. 443.1/2978/DUKCAPIL TANGGAL 16 MARET 2020 DAN INSTRUKSI GUBERNUR DIY NOMOR 2/INSTR/2020. LIMA KABUPATEN DI DIY TELAH MENERAPKAN PELAYANAN ONLINE DUKCAPIL BANTUL, KOTA YOGYAKARTA TELAH MELAKUKAN PELAYANAN MELALUI APLIKASI YAITU DUKCAPIL SMART DAN JOGJA SMART SERVICE. DUKCAPIL KULONPROGO DAN SLEMAN MENGGUNAKAN WEBSITE. SEDANGKAN DUKCAPIL GUNUNGKIDUL MASIH BERTAHAN DENGAN PELAYANAN MELALUI WHATSAPP. DARI SEGI INOVASI PELAYANAN DIGITAL DUKCAPIL GUNUNGKIDUL DAPAT TERBILANG MASIH TERTINGGAL. ADAPUN RUMUSAN MASALAH PADA PENELITIAN INI ADDALAH BAGAIMANA EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK BERBASIS DIGITAL MELALUI WHATSAPP DI INSTANSI PEMERINTAH DAERAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GUNUNGKIDUL?
PENELITIAN ININN MENGGUNKAN JENIS PENELITIAN KUALITATIF. TEKNIK PENGUMPULAN DATA YANG DIGUNAKAN ADALAH OBSERVASI, WAWANCARA DAN DOKUMENTASI. OBJEK PENELITIAN DALAM PENELITIAN INI ADALAH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PADA PELAYANAN ONLINE MELALUI WHATSAPP. ANALISIS DATA YANG DIGUNAKAN MELIPUTI REDUKSI DATA, PENYAJIAN DATA DAN VERIFIKASI.
HASIL PENELITIAN INI MENUNJUKKAN DENGAN MENGGUNAKAN TIGA INDIKATOR YAITU PRODUKTIVITAS, FLEKSIBILITAS DAN KEPUASAN. SETELAH DIUKUR DENGAN TIGA INDIKATOR TERSEBUT MENGHASILKAN BAHWA PENERAPAN PELAYANAN ONLINE MENGGUNKAN WHATSAPP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GUNUNGKIDUL SUDAH EFEKTIF. BERDASARKAN ANALISIS DATA DIPEROLEH DARI KETIGA INDIKATOR TERSEBUT SECARA UMUM SISTEM PELAYANAN DALAM KATEGORI CAPAIAN BAIK TERMASUK PENILAIAN KEPUASAN MASYARAKAT.
SARAN YANG DIBERIKAN DALAM PENELITIAN INI MENGHARAPKAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GUNUNGKIDUL DAPAT BEKERJA SESUAI SOP DENGAN MENINGKATKAN KUALITAS SDM JUGA MELAKUKAN INOVASI PELAYANAN YANG LEBIH TERBUKA DAN CEPAT TANGGAP. AGAR PELAYANAN DIGITAL SECARA ONLINE DAPAT BERLANGSUNG LEBIH OPTIMAL KEDEPANNYA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EFEKTIVITAS, PELAYANAN PUBLIK, SISTEM DIGITAL |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 20 May 2022 03:14 |
Last Modified: | 20 May 2022 03:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31417 |