FATHONI FAJAR FIRMANSYAH (2022) STRATEGI DISTRIBUSI FILM PENDEK “ANAK LANANG”. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (515kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (541kB)
Bab I.pdf
Download (894kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (749kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (667kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (532kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (795kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (872kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Film merupakan sebuah media hiburan berbentuk audio visual yang bisa dinikmati penonton. Untuk dapat dipertontonkan, film pendek harus didistribusikan terlebih dulu. Jalur distribusi pada era digital ini, teknologi sudah banyak berkembang, yang mengakibatkan munculnya berbagai platform pemutaran film berbasis digital, baik yang berbayar maupun tidak, di antaranya Iflix, Netflix, Vidio, GoPlay, Genflix, Catchplay, VIU, dan Disney+ Hotstar.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah strategi yang bertujuan untuk membentuk perencanaan dalam pendistribusian film dan distribusi film sebagai tujuan akhir dari produksi film. Sumber data berasal dari wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah film Anak Lanang pada awalnya merupakan sebuah projek tugas akhir yang kemudian diarahkan ke festival dan Youtube untuk dapat dipertemukan dengan penonton. Untuk pendanaan yang berlangsung dari awal hingga akhir ditanggung oleh Tito Bagus Ramadhan selaku pemilik projek film. Kepemilikan Film Anak Lanang diserahkan seluruhnya kepada Ravacana Films untuk didistribusikan. Untuk promosi tidak pernah dilakukan oleh Ravacana Films, promosi terjadi secara spontan, yakni adanya reaksi dan atensi penonton pada saat film Anak Lanang diputarkan di festival dan juga media yang meliput keberhasilan Film Anak Lanang di festival yang diikuti. Ravacana Films tidak pernah melakukan kegiatan media planning, media relation, media monitoring, hingga media coverage. Penonton festival dan Youtube merupakan target pasar dari film Anak Lanang. Untuk Kerjasama dengan komunitas film ataupun individu tidak pernah dilakukan oleh Ravacana dalam pemutaran Film Anak Lanang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DISTRIBUTION, FILM, SHORT FILM, DISTRIBUTION STRATEGY. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 23 May 2022 07:33 |
Last Modified: | 23 May 2022 07:33 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31682 |