STRATEGI DISTRIBUSI FILM PENDEK “ANAK LANANG”

FATHONI FAJAR FIRMANSYAH (2022) STRATEGI DISTRIBUSI FILM PENDEK “ANAK LANANG”. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (894kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Film merupakan sebuah media hiburan berbentuk audio visual yang bisa dinikmati penonton. Untuk dapat dipertontonkan, film pendek harus didistribusikan terlebih dulu. Jalur distribusi pada era digital ini, teknologi sudah banyak berkembang, yang mengakibatkan munculnya berbagai platform pemutaran film berbasis digital, baik yang berbayar maupun tidak, di antaranya Iflix, Netflix, Vidio, GoPlay, Genflix, Catchplay, VIU, dan Disney+ Hotstar.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah strategi yang bertujuan untuk membentuk perencanaan dalam pendistribusian film dan distribusi film sebagai tujuan akhir dari produksi film. Sumber data berasal dari wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah film Anak Lanang pada awalnya merupakan sebuah projek tugas akhir yang kemudian diarahkan ke festival dan Youtube untuk dapat dipertemukan dengan penonton. Untuk pendanaan yang berlangsung dari awal hingga akhir ditanggung oleh Tito Bagus Ramadhan selaku pemilik projek film. Kepemilikan Film Anak Lanang diserahkan seluruhnya kepada Ravacana Films untuk didistribusikan. Untuk promosi tidak pernah dilakukan oleh Ravacana Films, promosi terjadi secara spontan, yakni adanya reaksi dan atensi penonton pada saat film Anak Lanang diputarkan di festival dan juga media yang meliput keberhasilan Film Anak Lanang di festival yang diikuti. Ravacana Films tidak pernah melakukan kegiatan media planning, media relation, media monitoring, hingga media coverage. Penonton festival dan Youtube merupakan target pasar dari film Anak Lanang. Untuk Kerjasama dengan komunitas film ataupun individu tidak pernah dilakukan oleh Ravacana dalam pemutaran Film Anak Lanang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: DISTRIBUTION, FILM, SHORT FILM, DISTRIBUTION STRATEGY.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 23 May 2022 07:33
Last Modified: 23 May 2022 07:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31682

Actions (login required)

View Item
View Item