SAFFANATY ZULFA (2022) POLA KOMUNIKASI DAN FANATISME FAN ACCOUNT MY DAY DI MEDIA SOSIAL TWITTER. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (429kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (115kB)
Bab I.pdf
Download (262kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (849kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (180kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (195kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (308kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (945kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Studi ini membahas tentang pola komunikasi dan fanatisme yang terjadi dalam fan account fandom My Day di media sosial Twitter. Dalam dunia fangirling di Twitter, setiap fandom memiliki karakteristik masing-masing, pola komunikasi yang terjadi di fandom My Day di Twitter memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri yang berbeda dan tidak dapat dipahami oleh non My Day. Selain itu karakteristik fanatisme setiap My Day pun beragam tingkat intensitasnya. Data yang diperoleh merupakan deskripsi bagaimana pola komunikasi fan account My Day di Twitter serta bagaimana tingkat fanatisme mereka. Peneliti memperoleh data tersebut dengan metode deskriptif kualitatif yang ditunjang paradigma interpretif untuk melakukan pengamatan lapangan dan wawancara pada beberapa My Day yang masuk ke dalam kriteria informan yang telah ditetapkan. Peneliti menggunakan teori pola komunikasi pada media sosial Twitter oleh Bruns & Moe yang membagi pola komunikasi di Twitter menjadi tiga pola. Peneliti juga menggunakan teori Thorne tentang fanatisme yang menjabarkan empat karakteristik fanatisme penggemar. Dari data yang diperoleh, peneliti menemukan bagaimana fan account My Day di Twitter berkomunikasi pada level mikro, meso dan makro, baik antar sesama My Day maupun dengan sang idola, Day6. My Day di Twitter juga memiliki bahasa berupa kosakata unik yang tidak dapat dipahami oleh non My Day seperti “You delicious? I’m delicious!!” dan “9x1=1”. Peneliti juga menemukan adanya tingkat fanatisme yang beragam yang disebabkan oleh adanya perbedaan latar belakang fan culture masing-masing My Day.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | COMMUNICATION PATTERNS, FANATICISM, FANDOM, K-POP, MY DAY |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 23 May 2022 07:25 |
Last Modified: | 23 May 2022 07:25 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31700 |