HAFES ABDUL NAZER HM (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU SD NEGRI 48 KOTA BENGKULU. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (309kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (382kB)
Bab I.pdf
Download (657kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (489kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (474kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (316kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (206kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (454kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (890kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pendidikan sebagai investasi jangka panjang dan menjadi kunci untuk masa depan yang lebih baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Guruimerupakan peranan yang penting dalam komponenpendidikan. Dalam observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, Sekolah Dasar Negeri 48 Bengkulu cukup strategis tapi tidak disertai sarana dan prasarana yg memadai, ditemukan juga bahwa masih sedikit guru yang belum menempuh serta lulus sertifikasi. Hal tersebut dikarenakan beberapa hambatan seperti persoalan sertifikasi guru yang belum dipahami sepenuhnya, kurangnya informasi implementasi kebijakan sertifikasi Guru. Sehingga peneliti tertarik untuk mengamati proses implementasi kebijakan sertifikasi Guru Sekolah Dasar Negeri 48 Bengkulu.
Tujuan peneliti yaitu untuk mengetahui implementasi kebijakan sertifikasi Guru SekolahDasar Negeri 48 Kota Bengkulu.
Metodologi yang peneliti gunakan yaitu kualitatif deskriptif yang berjenis penelitian lapangan (field risearch), dalam pemilihan informan/subyek penelitian ini, peneliti menggunakan tehink purposive.Informannya yaitu Guru SD N48 yang berlokasi di Kota Bengkulu. Tehnik pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan sertifikasi guru yang diterapkan di SD N48 Kota Bengkulu berjalan cukup baik, meskipun ada beberapa kendala namun guru tidak terlalu terbebabani. Dengan adanya kebijakan kesejahtraan guru semakin meningkat dan lebih dihargai di tngah masyarakat, namun ada yang menghabat yaitu adanya ketidak sinkronan data dari DAPODIK, standar kebijakan yang pemerintah berikan. Meningkatnya kesejahteraan guru menjadikan karakter gurupun berubah, tentulah semangat mereka bertambah dngan sejahtranya prekonomian, dan tentunya kualitas guru meningkat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | POLICY STANDARDS, HUMAN RESOURCES AND INFRASTRUCTURE, IMPLEMENTATION CHARACTERISTICS AND INTER-ORGANIZATIONAL COMMUNICATION |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 23 May 2022 07:20 |
Last Modified: | 23 May 2022 07:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31719 |