FAUZIYAH UZLAH NUFA AZZURA (2022) KOMUNIKASI EFEKTIF ANTARA PEMBINA DAN SISWA KELAS IV DALAM PROSES MENGHAFAL AL-QUR’AN SELAMA PANDEMI COVID 19 DI SDIT ASH SHIDDIQ PENEN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (317kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Bab I.pdf
Download (222kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (361kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (180kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (229kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (108kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (861kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Komunikasi sangat penting peranannya bagi kehidupan manusia dalam bersosialisasi, manusia dituntut agar pandai dalam berbicara atau berkomunikasi, Manusia tidak dapat dilepaskan dari komunikasi, baik komunikasi interpersonal, komunikasi intrapersonal, komunikasi verbal maupun non verbal dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai komunikasi efektif antara manusia satu dengan manusia yang lain. Komunikasi efektif adalah komunikasi yang antar individunya memahami satu tujuan bersama. Bahkan dalam pada proses belajar mengajar, karena hakikatnya proses belajar mengajar merupakan proses penyampaian pesan dari komunikator (pembina) melalui saluran atau media tertentu kepada komunikan (Siswa). Komunikasipun berlangsung dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an di SDIT Ash-Shiddiq Penen Sleman Yogyakarta, merupakan salah satu SD Islam Terpadu yang memiliki program hafalan Al-Qur’an. Komunikasi yang baik oleh pembina juga akan menghasilkan proses hafalan yang baik pula.Tidak mudah komunikasi ini untuk berlangsung apalagi disaat pandemi covid-19 yang membuat kegiatan belajar mengajar sempat dihentikan dan berlangsung kembali dengan waktu yang dipersingkat saat disekolah. Temuan liyian ini adalah beberapa pembina menggunakan metode berupa talaqqi yaitu proses yang dilakukan oleh murid dalam belajar al-Qur’an dengan cara mendengarkan, memahami, memperhatikan dan menirukan baacaan al-Qur’an tanpa melihat mushaf, kemudian ada metode talqin yaitu memahamkan secara lisan dengan cara mendikte dan mengajarkan bacaan Al-Qur’an, yang terakhir adalah murojaah atau pengulangan kembali. Dari ketiga metode tersebut tidak akan berjalan lancar apalagi saat pandemi covid-19 ini, temuan dari penelitian ini adanya faktor yang mempengaruhi dalam proses menghafal al-Qur’an berupa motivasi orangtua, mood anak, usia anak penghafal al-Qur’an dan lingkungan sekitar Ketika dirumah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 23 May 2022 06:48 |
Last Modified: | 23 May 2022 06:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31771 |