ANALISA KINERJA ORGANISASI RUMAH SAKIT RUJUKAN COVID-19 DI RUMAH SAKIT LAVALETTE DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP BALANCE SCORECARD

SHINTA KUMALA PRAWITASARI (2022) ANALISA KINERJA ORGANISASI RUMAH SAKIT RUJUKAN COVID-19 DI RUMAH SAKIT LAVALETTE DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP BALANCE SCORECARD. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Balanced Scorecard dapat digunakan sebagai alat untuk mengukur kinerja sebuah fisilitas pelayanan kesehatan. Pandemi Covid-19 menimbulkan tantangan bagi sistem kesehatan diseluruh dunia terutama pada rumah sakit di Indonesia untuk menjalankan fungsinya. Tujuan penelitian ini adalan untuk memberikan gambaran bagaimana kinerja organisasi Rumah Sakit Lavalette dengan menggunakan metode Balance Scorecard. Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif cross secional. Data yang dikumpulkan adalah data sekunder dan data primer. Data primer berupa kuisioner untuk menilai kepuasan pelanggan dan kepuasan pegawai, data sekunder berupa laporan keuangan, laporan rekam medik dan laporan sumber daya manusia (SDM) untuk mengukur kinerja dari perspektif keuangan, mengukur kinerja dari perspektif pelanggan maupun perspektif proses bisnis internal dan mengukur kinerja dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil: Penelitian ini menunjukkan prespektif pelanggan telah tecapai dengan nilai sebesar 4,01, prespektif keuangan 8 variabel dengan hasil sesuai target meski ROE tidak tercapai, prespektif pertumbuhan dan pembelajaran telah tercapai dengan nila sebesar 3,59 dan prespektif bisnis bersifat internal adalah tidak tercapai di 6 variabel. Pengukuran kinerja Rumah Sakit Lavalette berdasarkan Balanced Scorecard mendapatkan nilai Balance Scorecard sebesar 100,87 yang mana berarti kinerja rumah sakit Lavalette sudah tercapai. Kesimpulan: Kinerja rumah sakit Lavalette yang merupakan rumah sakit rujukan COVID-19 diketahui sudah terapai dengan baik diukur dengan Balanced Scorecard meski terjadi banyak tantangan selama pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI : KINERJA, BALANCE SCORECARD, RUMAH SAKIT LAVALETTE KEYWORD: PERFORMANCE, BALANCE SCORECARD, RUMAH SAKIT LAVALETT
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 23 May 2022 05:50
Last Modified: 23 May 2022 05:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31788

Actions (login required)

View Item
View Item