AURORA RAISSA RAHMA (2022) STRATEGI KOMUNIKASI AKUN INSTAGRAM LAZISMU DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA SEBAGAI MEDIA DAKWAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (505kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (201kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
Bab I.pdf
Download (513kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (436kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (309kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (988kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (113kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (230kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Berkemabangnya teknologi dengan baik salah satunya dengan media social instagram. Instagram merupakan salah satu media yang dimanfaatakan Lazismu Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menyampaikan pesan dakwah bagi semua khalayak umum agar mempermudah dakwah yang diterima. Dakwah tidak hanya dilakukan melalui tulisan saja tetapi juga dengan membagikan konten. Jenis konten berupa foto dan video yang menarik dan berkualitas. Studi kasus pada @lazismudiy sebagai media dakwah. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini adalah followers Lazismu Daerah Istimewa Yogyakarta. Objek Penelitaian ini adalah akun Instagram Lazismu Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi penelitian ini berada di kantor Lazismu Daerah Istimewa Yogyakarta di akun media sosial instagram akun “lazismudiy”. Teknik pengumpulan data menggunakan metode studi kepustakan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikeroleh kemudian di analisis secara deskriptif dengan cara produksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan hasil bahwa : Strategi Komunikasi Pengelolaan Instagram Lazismu Daerah Istimewa Yogyakarta Sebagai Media Dakwah yang efektif dengan memanfaatkan fitur-fitur Instagram seperti: feeds, instagram story, comment, post, profile, caption, mention, hastag, location dan direct message. Semua fitur ini mendukung 3 elemen pada teori yang diusulkan oleh McQuail yaitu produksi, distribusi, dan pemanfaatan media. Strategi juga dilakukan melalui pengelolaan feed di Instagram @lazismudiy dengan memperhatikan penulisan pesan promosi dan sumber komunikasi. Pesan dari upaya dakwah tidak hanya dilakukan melalui tulisan tetapi juga dengan membuat dan berbagi konten. Strategi yang dilakukan Lazismu Daerah Istimewa Yogyakarta berdasarkan teori menurut Fred R. David adalah merumusan strategi yang akan ditetapkan, mengimplementasikan strategi dengan berfokus pada konten dakwah, menyajikan data yang up to date, mem-branding media sosial, mengetahui algoritma segmentasi instagram @lazismudiy. Tahap akhir dari strategi adalah mngevaluasi strategi agar informasi tersampaikan secara tepat. Dalam stretegi penggunaan instagram @lazismudiy terdapat faktor pendukung yang mempengaruhi yaitu : instagram adalah media multiplatform dan antusias followers instagram @lazismudiy, dan faktor penghambat adalah menentukan ide atau konsep serta membagi waktu dalam pembuatan jadwal. Secara keseluruhan dakwah di Instagram yang merupakan dakwah milenial mampu menciptakan dakwah yang inovatif yang mampu menarik perhatian followers untuk membagikan ke media sosial yang mereka miliki.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DAWAH COMMUNICATION STRATEGY, USE OF @LAZISMUDIY INSTAGRAM, DAWAH MESSAGES, SOCIAL MEDIA |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 21 May 2022 07:42 |
Last Modified: | 21 May 2022 07:42 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31838 |