MUHAMAD HARUN ARRASYID (2022) METODE PEMBELAJARAN KAJIAN KITAB DI PONDOK PESANTREN MBS AL ISLAM BANCAR TUBAN JAWA TIMUR. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (925kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (711kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (74kB)
Bab I.pdf
Download (183kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (325kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (393kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (206kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (425kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (497kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Metode pembelajaran kajian kitab di PPMBS AL ISLAM perlu dilakukan peninjauan ulang karena dari observasi yang penulis lakukan, didapati dalam kegiatan kajian kitab beberapa santri terlihat mengantuk, bosan dan tidak fokus dengan pembelajaran. Salah satu penyebab kejadian tersebut adalah metode yang digunakan pengajar kajian kitab terlalu monoton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran kajian kitab, mengkaji penerapan metode pembelajaran kajian kitab dan menemukan faktor pendukung dan pengahambat proses pembelajaran kajian kitab.
Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif deskriftif. Lokasi penelitian yakni di PPMBS AL ISLAM Bancar, objek penelitian ialah metode pembelajaran kajian kitab sedangkan untuk subjek penelitian ialah orang-orang yang terlibat dalam kegiatan kajian kitab. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah metode pembelajaran kajian kitab di PPMBS AL ISLAM adalah metode sorogan, bandongan, hafalan, ceramah, diskusi, wetonan dan mulazamah. Penerapan metode pembelajaran kajian kitab yang dilakukan di PPMBS Al Islam diterapkan dengan metode masing-masing yang digunakan oleh pengampu kajian kitab, yaitu sorogan, bandongan dan hafalan untuk kajian kitab hadis arbain, metode wetonan untuk kajian kitab riyadh ash-sholihin, metode ceramah dan diskusi untuk kajian kitab bulugh al-maram dan metode mulazamah untuk kajian kitab ta’lim al-muta’allim. Faktor pendukung yakni; pengampu memiliki kompetensi keilmuan, fasilitas yang memadai dan pengampu memiliki kemampuan untuk mengondisikan kelas. Faktor penghambat di antaranya; mayoritas santri belum mengenal bahasa arab, padatnya kegiatan diluar kajian kitab dan ketidakdisiplinan santri.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | METODE PEMBELAJARAN, KAJIAN KITAB, PP MBS AL ISLAM |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 21 May 2022 07:27 |
Last Modified: | 21 May 2022 07:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31896 |