METODE PEMBELAJARAN KAJIAN KITAB DI PONDOK PESANTREN MBS AL ISLAM BANCAR TUBAN JAWA TIMUR

MUHAMAD HARUN ARRASYID (2022) METODE PEMBELAJARAN KAJIAN KITAB DI PONDOK PESANTREN MBS AL ISLAM BANCAR TUBAN JAWA TIMUR. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (925kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Metode pembelajaran kajian kitab di PPMBS AL ISLAM perlu dilakukan peninjauan ulang karena dari observasi yang penulis lakukan, didapati dalam kegiatan kajian kitab beberapa santri terlihat mengantuk, bosan dan tidak fokus dengan pembelajaran. Salah satu penyebab kejadian tersebut adalah metode yang digunakan pengajar kajian kitab terlalu monoton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran kajian kitab, mengkaji penerapan metode pembelajaran kajian kitab dan menemukan faktor pendukung dan pengahambat proses pembelajaran kajian kitab.
Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif deskriftif. Lokasi penelitian yakni di PPMBS AL ISLAM Bancar, objek penelitian ialah metode pembelajaran kajian kitab sedangkan untuk subjek penelitian ialah orang-orang yang terlibat dalam kegiatan kajian kitab. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah metode pembelajaran kajian kitab di PPMBS AL ISLAM adalah metode sorogan, bandongan, hafalan, ceramah, diskusi, wetonan dan mulazamah. Penerapan metode pembelajaran kajian kitab yang dilakukan di PPMBS Al Islam diterapkan dengan metode masing-masing yang digunakan oleh pengampu kajian kitab, yaitu sorogan, bandongan dan hafalan untuk kajian kitab hadis arbain, metode wetonan untuk kajian kitab riyadh ash-sholihin, metode ceramah dan diskusi untuk kajian kitab bulugh al-maram dan metode mulazamah untuk kajian kitab ta’lim al-muta’allim. Faktor pendukung yakni; pengampu memiliki kompetensi keilmuan, fasilitas yang memadai dan pengampu memiliki kemampuan untuk mengondisikan kelas. Faktor penghambat di antaranya; mayoritas santri belum mengenal bahasa arab, padatnya kegiatan diluar kajian kitab dan ketidakdisiplinan santri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: METODE PEMBELAJARAN, KAJIAN KITAB, PP MBS AL ISLAM
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 21 May 2022 07:27
Last Modified: 21 May 2022 07:27
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31896

Actions (login required)

View Item
View Item