Nopiatun Syarifah (2021) Aktivitas Promosi Pesona Gumi Selaparang dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur Pasca Gempa Lombok Tahun 2019. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (80kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (174kB)
Bab I.pdf
Download (596kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (769kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (124kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (217kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (711kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (411kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Lombok merupakan daerah destinasi rawan bencana, akibat gempa Lombok tahun 2018 menyebabkan turunnya kunjungan wisatawan. Pada tahun 2019 Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur mencetuskan branding Lombok Timur yang diberi nama Pesona Gumi Selaparang sebagai identitas kepariwisataan daerah yang telah di tetapkan oleh surat keputusan Bupati Lombok Timur dengan adanya branding baru tersebut diperlukan promosi untuk mengenalkan Pesona Gumi Selaparang kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas promosi yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur untuk mempromosikan Pesona Gumi Selaparang. Pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara serta wisatawan yang berkunjung ke Lombok Timur pasca gempa. Data sekunder diperoleh melalui studi dokumentasi.
Hasil penelitian yang di peroleh yaitu Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur mengkolaborasikan alat-alat promosi untuk mengenalkan Pesona Gumi Selaparang kepada masyarakat yang meliputi Periklanan dalam bentuk iklan poster dan iklan media cetak, Personal Selling dalam bentuk pameran, sebagai pembicara di universitas Diponegoro terkait Pesona Gumi Selaparang, melakukan Personal selling di Dinas Pariwisata Jakarta dan turut hadir dalam event user dan buyer di Jakarta, kemudian aktif mengadakan event-event kepariwisataan, meggunakan word of mouth dalam bentuk Meet Community dan forum wartawan Lombok Timur, Public Relations dalam bentuk publisitas yang meliputi koran, facebook, instagram, website dan youtube, bekerjasama dengan stasiun lokal terkait pemberitaan pada stasiun Selaparang TV dan Radio Kancanta, melakukan lobbying dengan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), hubungan investor dalam bentuk kerjasama dengan Perbankan, Pegadaian, dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 05:27 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 05:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3193 |