EFEKTIVITAS METODE ISLAMIC MONTESSORI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI TK BUDI MULIA DUA SEDAYU, YOGYAKARTA

NUR AFIDAH (2022) EFEKTIVITAS METODE ISLAMIC MONTESSORI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI TK BUDI MULIA DUA SEDAYU, YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

MENINGKATNYA AMORAL, ASOSIAL, ANTISOSIAL DAN MELEMAHNYA SOPAN SANTUN ANAK SANGAT DISADARI DAN MENJADI KEPRIHATINAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN. DI SISI LAIN PENDIDIKAN DI INDONESIA MASIH MENITIKBERATKAN PADA ASPEK KOGNITIF SEHINGGA MENGAKIBATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK KURANG BERKEMBANG SECARA OPTIMAL. PENELITIAN INI BERTUJUN UNTUK MENGETAHUI EFEKTIFITAS METODE ISLAMIC MONTESSORI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN PENDEKATAN MIX-METHOD (KUALITATIF DAN KUANTITATIF). PENGUMPULAN DATA DILAKUKAN DENGAN OBSERVASI, WAWANCARA DAN ANGKET/KUESIONER DALAM BENTUK SKALA LIKERT TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA. POPULASI YANG DIGUNAKAN ADALAH SELURUH SISWA TK BUDI MULIA DUA SEDAYU DENGAN SAMPEL SEBANYAK 20 SISWA. ANALISIS DATA PENELITIAN KUALITATIF DILAKUKAN MELALUI REDUKSI DATA, PENYAJIAN DATA DAN PENARIKAN KESIMPULAN/VERIFIKASI. SEDANGKAN ANALISIS DATA KUANTITATIF DILAKUKAN BERDASARKAN DATA SKALA LIKERT DAN TCR UNTUK MENGUKUR SIKAP, PENDAPAT DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL. HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN BAHWA SISWA DI TK BUDI MULIA DUA SEDAYU, YOGYAKARTA MEMILIKI KECERDASAN INTERPERSONAL YANG BAIK. IMPLEMENTASI METODE ISLAMIC MONTESSORI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DILAKUKAN MELALUI PEMBELAJARAN PRACTICAL LIFE DENGAN MENYELIPKAN AJARAN ISLAM, PEMBIASAAN MENGAMBIL, MENGEMBALIKAN DAN MEMBERESKAN MATERIAL MONTESSORI, PENGGUNAAN ALAS KERJA DAN MENYIMAK PRAKTIK KERJA GURU SERTA MENAWARKAN BANTUAN SAAT ANAK SEDANG MENGEKSPLORASI MATERIAL MONTESSORI. NILAI TCR KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SEBANYAK 84

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: ISLAMIC MONTESSORI; KECERDASAN INTERPERSONAL, MIX METHOD
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 21 May 2022 07:20
Last Modified: 21 May 2022 07:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31936

Actions (login required)

View Item
View Item