EMA LESTARI (2022) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD TUMBUH 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (499kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11kB)
Bab I.pdf
Download (390kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (594kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (211kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (435kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (374kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (415kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (245kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI MENDESKRIPSIKAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD TUMBUH 2 YOGYAKARTA SERTA MENGETAHUI FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD TUMBUH 2 YOGYAKARTA SERTA INGIN MEMBUKTIKAN APAKAH TERDAPAT PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN YANG GURU GUNAKAN ANTARA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN ANAK REGULER. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN JENIS PENELITIAN DESKRIPTIF DENGAN METODE KUALITATIF. SUBJEK PENELITIAN INI ADALAH KEPALA SEKOLAH, SATU GURU PAI DAN SATU SUPPORT TEACHER. TEKNIK PENGUMPULAN DATA DIPEROLEH MELALUI WAWANCARA, OBSERVASI DAN DOKUMENTASI. TEKNIK ANALISIS DATA MENGGUNAKAN TAHAP REDUKSI DATA, PENYAJIAN DATA DAN PENARIKAN KESIMPULAN. HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN BAHWA 1). METODE PEMBELAJARAN PAI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS BAHWA GURU MENGGUNAKAN METODE CERAMAH, DISKUSI, DEMONSTRASI, TANYA JAWAB, PEMBERIAN TUGAS DAN METODE LATIHAN. DALAM MEMBERIKAN MATERI, GURU BIASANYA MENJELASKAN TERLEBIH DAHULU KEPADA SELURUH ANAK YANG BERADA DIKELAS SETELAH ITU GURU MEMBERIKAN PENDEKATAN KHUSUS KEPADA ABK UNTUK MEMBERIKAN MATERI SESUAI DENGAN KEBUTUHAN ABK. HAL INI MENUNJUKKAN BAHWA TIDAK ADA PERBEDAAN METODE YANG DIGUNAKAN GURU UNTUK MEMBERIKAN MATERI PEMBELAJARAN PADA ABK DAN ANAK REGULAR LAINNYA. 2). FAKTOR PENGHAMBAT DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD TUMBUH 2 YOGYAKARTA ADALAH KETERBATASAN GURU MENGENAI PENDIDIKAN INKLUSI, KURANGNYA PELATIHAN YANG DIBERIKAN SEKOLAH UNTUK GURU AGAR DAPAT MEMBERIKAN METODE-METODE YANG LEBIH BERVARIASI DAN ORANG TUA YANG KURANG MEMBIMBING ABK KETIKA BERADA DIRUMAH. FAKTOR PENDUKUNG DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD TUMBUH 2 YOGYAKARTA ADALAH KESABARAN GURU DALAM MENGAJAR, ADANYA PELATIHAN MENGENAI PENDIDIKAN INKLUSI, FASILITAS YANG TERSEDIA, ADANYA SUPPORT TEACHER DAN KONSELOR SEKOLAH.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | METHODS, ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION, STUDENTS WITH SPECIAL NEEDS |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 21 May 2022 06:20 |
Last Modified: | 21 May 2022 06:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32008 |