PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK BAKPIA KUKUS TUGU JOGJA DAN BAKPIA TRADISIONAL DI KOTA YOGYAKARTA

MAGHFIROH NURUL ISTIGFARIN (2022) PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK BAKPIA KUKUS TUGU JOGJA DAN BAKPIA TRADISIONAL DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (824kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen, menganalisis jenis produk bakpia yang lebih disukai konsumen dan menganalisis atribut yang paling dipertimbangkan dalam membeli produk Bakpia Kukus Tugu Jogja dan Bakpia Tradisional di Kota Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan jumlah responden 100 orang. Metode yang digunakan untuk menentukan daerah lokasi penelitian adalah secara sengaja yang dilakukan di Outlet Bakpia Kukus Tugu Jogja di Stasiun Tugu dan Lempuyangan dengan sampel sebanyak 40 responden dan dibantu dengan pengisian kuesioner melalui google form dengan sampel sebanyak 60 responden. Karakteristik konsumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan dan penghasilan. Atribut produk bakpia yang digunakan adalah rasa, tekstur, harga, daya simpan, kemasan, ukuran, bentuk dan label. Hasil analisis deskriptif berupa karakteristik konsumen yang membeli produk bakpia berjenis kelamin mayoritas perempuan dengan rentang usia 21 – 26 tahun, berpendidikan perguruan tinggi, berprofesi sebagai pelajar/mahasiswa dengan tingkat penghasilan kurang dari Rp1.000.000,00. Uji T berpasangan digunakan untuk mengetahui produk bakpia manakah yang lebih disukai konsumen antara Bakpia Kukus Tugu Jogja dan Bakpia Tradisonal. Sedangkan Analisis One Way Anova digunakan untuk mengetahui atribut mana yang paling dipertimbangkan konsumen dalam melakukan pembelian produk bakpia. Analisis Uji T berpasangan menunjukkan hasil bahwa konsumen lebih menyukai produk Bakpia Tradisional daripada buah papaya Thailand. Pada analisis One Way Anova menujukkan atribut yang paling dipertimbangkan dalam membeli produk Bakpia Kukus Tugu Jogja adalah rasa, daya simpan dan tekstur, sedangkan atribut yang paling dipertimbangkan dalam membeli produk Bakpia Tradisonal adalah rasa, tekstur dan daya simpan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CONSUMER PREFERENCES; BAKPIA; KUKUS; TRADITIONAL
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 21 May 2022 06:18
Last Modified: 21 May 2022 06:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32022

Actions (login required)

View Item
View Item