IWAN KURNIAWAN (2022) ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA SISTEM PEMBAYARAN E-COMMERCE (STUDI PADA FITUR PEMBAYARAN SHOPEE). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (241kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (296kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (56kB)
Bab I.pdf
Download (186kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (359kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (72kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (161kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (175kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (305kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MEMBAWA PERUBAHAN SIGNIFIKAN PADA KEMAJUAN DI BERBAGAI BIDANG, SALAH SATUNYA TEKNOLOGI. DAPAT DITUNJUKKAN BAHWA KEMAJUAN TEKNOLOGI INI MEMILIKI PENGARUH BESAR PADA BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN MANUSIA, SEHINGGA MEMUNGKINKAN UNTUK MENCIPTAKAN PELUANG BARU SALAH SATUNYA YAITU MENCIPTAKAN E-COMMERCE. SISTEM PEMBAYARAN E-COMMERCE MERUPAKAN KEMAJUAN TEKNOLOGI DALAM SISTEM PEMBAYARAN SEHINGGA TERDAPAT KELEBIHAN SEPERTI PERUBAHAN BENTUK PEMBAYARAN DIGITAL DIMANA KEGIATAN TRANSAKSI TIDAK DIBATASI OLEH GEOGRAFI, LEBIH EFEKTIF, DAN HEMAT BIAYA. AKAN TETAPI DARI BANYAKNYA KELEBIHAN TERSEBUT, TERDAPAT KELEMAHAN YANG PERLU DIPERHATIKAN. FITUR PEMBAYARAN TERSEBUT PERLU DIPERTANYAKAN, BISA ATAU TIDAK APABILA DIGUNAKAN OLEH KONSUMEN DAN KHUSUSNYA OLEH KONSUMEN MUSLIM. DI INDONESIA, E-COMMERCE YANG BANYAK DIKUNJUNGI ADALAH SHOPEE, OLEH KARENA ITU PENELITI MEMILIH SHOPEE UNTUK DIJADIKAN OBJEK PENELITIAN. DARI ALASAN TERSEBUT TIMBUL PERTANYAAN BAGAIMANA PENERAPAN BERDASARKAN PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. MAKA DALAM PENELITIAN INI PERLU DIANALISIS APAKAH DALAM SISTEM FITUR PEMBAYARAN BERTENTANGAN DENGAN ETIKA BISNIS ISLAM ATAU TIDAK. APABILA TERJADI BERTENTANGAN DENGAN SALAH SATU PRINSIP, MAKA PRINSIP KESATUAN, KESEIMBANGAN, KEHENDAK BEBAS, DAN TANGGUNG JAWAB TIDAK AKAN TERWUJUD DIDALAM FITUR PEMBAYARAN TERSEBUT. BERANGKAT DARI PERMASALAHAN DI ATAS, PENULIS MENELITI DAN MENGANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM SISTEM PEMBAYARAN E-COMMERCE (STUDI PADA FITUR PEMBAYARAN SHOPEE). JENIS PENELITIAN YANG DIGUNAKAN ADALAH PENELITIAN KUALITATIF. TEKNIK PENGUMPULAN DATA YANG DIGUNAKAN ADALAH METODE ANALISIS ISI (CONTENT ANALYSIS). TEKNIK KEABSAHAN DATA YAITU MENINGKATKAN KETEKUNAN PENGAMATAN. KESIMPULAN PADA PENELITIAN INI TERDAPAT BEBERAPA FITUR PEMBAYARAN YANG SEJALAN DENGAN EMPAT PRINSIP ETIKA BISNIS ISLAM SEPERTI DIANTARANNYA SHOPEEPAY, KARTU DEBIT, TRANSFER BANK, INDOMARET/ALFAMART, DAN COD. TERDAPAT PULA BEBERAPA FITUR PEMBAYARAN YANG TIDAK SEJALAN DENGAN EMPAT PRINSIP ETIKA BISNIS ISLAM YAITU DIANTARANNYA SHOPEEPAY LATER DAN KARTU KREDIT KARENA ADANYA KETIDAKSESUAIAN DENGAN EMPAT PRINSIP ETIKA BISNIS ISLAM.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEYWORDS: E-COMMERCE, PAYMENT FEATURES, ISLAMIC BUSINESS ETHICS |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 27 May 2022 03:14 |
Last Modified: | 27 May 2022 03:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32057 |