STRATEGI PEMASARAN BMT BINA IHSANUL FIKRI DALAM MENINGKATKAN INKLUSI KEUANGAN SYARIAH MASYARAKAT

APRILIANA PUJI NURCAHYANI (2018) STRATEGI PEMASARAN BMT BINA IHSANUL FIKRI DALAM MENINGKATKAN INKLUSI KEUANGAN SYARIAH MASYARAKAT. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (902kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan strategi pemasaran
yang digunakan oleh BMT Bina Ihsanul Fikri dalam menarik minat masyarakat untuk
bertransaksi di BMT Bina Ihsanul Fikri dan efektivitasnya dalam meningkatkan
inklusi keuangan syariah masyarakat. Strategi pemasaran syariah terdiri dari
segmentation, positioning, targeting, differentiation dan marketing mix . Jenis
penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan purposive sampling. Untuk mendapatkan data peneliti melakukan
proses pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam
menganalisis data yang akurat dan benar peneliti menggunakan analisis data lapangan
model Miles dan Huberman yaitu diantaranya reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi pemasaran yang digunakan BMT
BIF adalah marketing mix, BMT BIF telah menerapkan dengan baik seperti saluran
pemasaran, produk, harga dan promosi. Strategi lainnya yaitu jumlah kantor cabang
yang tersebar menjadi salah satu strategi pemasaran BMT BIF. Dari strategi
pemasaran yang diterapkan BMT BIF terbukti efektif meningkatkan inklusi keuangan
syariah masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 27 May 2022 06:38
Last Modified: 27 May 2022 06:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32082

Actions (login required)

View Item
View Item