BASIR (2006) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN SISWA DALAM BACA TULIS HURUF AL-QUR'RAN DI SMP NEGERI 2 GEGESIK KABUPATEN CIREBON. S2 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (211kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (736kB)
BAB I.pdf
Download (2MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (283kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (791kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (170kB)
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan Agama Islam di sekolah juga memberikan porsi yang cukup untuk
pembelajaran membaca dan menulis al-Our'an. Idealnya guru lebih mudah mencapai
hasil belajar, membaca dan menulis al-Our'an kepada siswa, karena pembelajaran al-
Our'an telah diupayakan oleh orang tua dalam lingkungan keluarga dan
disosialisasikan dalam kehidupan masyarakat. Namun relaitasnya masih ditemukan
kesulitan dalam mencapai hasil optimal dalam pembelajaran baca tulis al-Our'an.
Masalahnya adalah faktor-faktor apa yang menjadi penyebab rendahnya kemampuan
baca tulis al-Ou'ran di SMP Negeri 2 Gegesik Kabupaten Cirebon.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor keagamaan yang
mempengaruhi kemampuan siswa dalam baca tulis huruf al-Gu'ran di SMP Negeri 2
Gegesik. Di samping itu juga untuk mengetahui faktor-faktor psikologis yang
mempengaruhi kemampuan siswa dalam baca tulis huruf al-Gu'ran di SMP Negeri 2
Gegesik Kabupaten Cirebon. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
faktor-faktor sosiologis yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam baca tulis
huruf al-Gu'ran di SMP Negeri 2 Gegesik Kabupaten Cirebon.
Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa yang dimaksud dengan
kemampuan membaca al-Ou'ran adalah kecakapan untuk memahami huruf-huruf
atau ayat-ayat al-Ju'ran dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan ilmu tajwid
dan makharijul huruf yang diterima siswa dari seorang guru. Sedangkan menulis al-
Ou'ran adalah kecakapan siswa dalam menulis huruf-hurf atau ayat-ayat al-Ou'ran
dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan ilmu tajwid dan makharijul hurufnya
yang diterima oleh seorang siswa dari seorang guru. Adapun yang dimaksud dengan
kemampuan dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa SMP Negeri 2 Gegesik
Kabupaten Cirebon dalam membaca dan menulis huruf al-Gu'ran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan
menempuh langkah-langkah seperti penentuan subjek penelitian dan pengumpulan
data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi.
Sedangkan data yang sudah terkumpul dideskripsikan, dianalisis lalu dibuat menjadi
kesimpulan penelitian.
Hasil penelitian ini adalah bahwa kemampuan membaca dan menulis huruf
Al-Our'an dikalangan siswa-siswi SMP 2 Gegesik dalam posisi rendah. Hal ini
disebabkan karena faktor-faktor keagamaan yang meliputi aspek teologis, aspek
ibadah dan aspek etiksa yang mencapai angka rata-rata kurang. Hasil ini juga
dipengaruhi oleh faktor psikologis yang mencakup aspek motivasi dan perilaku
belajar yang mencapai rata-rata kurang. Faktor terakhir yang mempengaruhi hasil
tersebut adalah faktor sosiologis yang mencakup aspek dukungan keluarga dan
dukungan masyarakat yang juga mencapai angka rata-rata kurang.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 27 May 2022 07:14 |
Last Modified: | 27 May 2022 07:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32087 |