DHARA INDAH KARTIKA JATI (2011) PENGARUH PELATIHAN GIZI DENGAN METODE ROLEPLAY DAN AUDIOVISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG GIZI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KASIHAN I BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (215kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (537kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (147kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (890kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
Gizi kurang merupakan salah satu bentuk dari malnutrisi yang didefinisikan sebagai
kondisi ketidak seimbangan selular antara pemberian asupan nutrisi dan energi yang
dikeluarkan. Upaya dalam rangka perbaikan keadaan gizi pun sudah banyak
dilakukan di Puskesmas ini, salah satunya dalam bentuk konseling. Dalam penelitian
ini , metode yang digunakan adalah metode ro/eplay dan metode audiovisual. Tujuan
penilitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap tingkat
pengetahuan dan sikap tentang gizi di wilayah kerja Puskesmas Kasihan I, Bantul.
Desain Penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan pre test-post
test control group design. Subyek penelitian ini adalah ibu balita dengan status gizi
kurang yang dibagi menjadi 2 kelompok yakni kelompok pelatihan dan kontrol yang
berjumlah 30 orang. Waktu penelitian ini selama 2 bulan. Data penelitian ini
dianalasis menggunakan uji independent dan paired sample t-test.
Hasil analisis statistik menggunakan paired sample t-test terhadap nilai rerata pre test
dan post test pengetahuan serta sikap menunjukkan peningkatan, kenaikan rerata
pengetahuan pada kelompok kontrol -0,4 tetapi tidak bermakna 0,57, kelompok
pelatihan -3,1 yang bermakna 0,00 (p<0,05). Kenaikan rerata sikap pada kelompok
kontrol 0,73 tetapi tidak bermakna 0,76, kelompok pelatihan -6,2 yang bermakna 0,00
(p<0,05). Pengaruh pelatihan gizi dengan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap
dapat dianalisis dengan independet sample t-test. Dari hasil uji tersebut diperoleh
p=0,013 untuk pengetahuan dan p=0,001 untuk sikap (p<0,05).
Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pelatihan gizi dengan metode
roleplay dan audiovisual terhadap tingkat pengetahuan tentang gizi di wilayah kerja
Puskesmas Kasihan I, Bantul.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 28 May 2022 02:00 |
Last Modified: | 28 May 2022 02:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32096 |