DWI NAILI FIKRIYAH (2017) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DI MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (188kB)
ABSTRAK.pdf
Download (275kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (488kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (323kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar kepada siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dengan melalui penggunaan media audio visual, yaitu berupa video. Lokasi penelitian berada di MTs Muhammadiyah Kasihan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif, serta penelitian ini bersifat deskriptif dan naturalistik. Minat belajar terhadap mata pelajaran SKI dengan menggunakan media audio visual tinggi, hal itu dikarenakan bahwa antusias mereka dalam menyaksikan video sangat tinggi. Penggunaan media audio visual ini sangat efektif dan efisien untuk mata pelajaran SKI, karena mata pelajaran SKI merupakan materi yang berisikan tentang sejarah-sejarah Islam, jadi dengan secara maksimal mereka bisa mendengarkan dan melihat langsung materi yang diberikan melalui penggunaan media audio visual.
Berdasarkan hasil penelitian ini secara keseluruhan mengalami peningkatan minat belajar siswa dalam mata pelajaran SKI dengan menggunakan media audio visual. Peningkatan ini diukur dari hasil observasi minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI dengan menggunakan media audio visual, pada siklus I pertemuan pertama observasi kegiatan pembelajaran yaitu 78,26Yo dan meningkat pada pertemuan kedua yaitu 82,60yo. Sedangkan observasi aktivitas siswa dalam KBM SKI menggunakan audio visual siklus I pertemuan pertama yaitu 85,0090 dan meningkat pada pertemuan kedua yaitu 90,0096. Pada siklus II pertmuan pertama observasi kegiatan pembelajaran SKI dengan menggunakan media audio visual yaitu 86,95”o dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua yaitu 91,305. Sedangkan observasi aktivitas siswa dalam KBM SKI menggunakan media audio visual siklus II pertemuan pertama yaitu 92,500 dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua yaitu 95,0094. Jadi disimpulkan bahwa ada peningkatan minat belajar siswa dalam mata pelajaran SKI melalui penggunaan media audio visual yang dilihat dari hasil observasi minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interest in Learning, History of Islamic Culture, Audio Visual |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 28 May 2022 02:50 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 03:12 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32111 |