EDI DARMANTO (2015) IMPLEMENTASI MATERI PENDIDIKAN AQIDAH AKHLAQ DALAM PENINGKATAN DISIPLIN DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH SIDOREJO SEMIN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (201kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (364kB)
BAB I.pdf
Download (901kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (867kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (639kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (404kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian yang berjudul Implementasi Mated Pendidikan Agidah Akhlak
Dalam Peningkatan Disiplin Dan Budi Pekerti Pada Siswa SMP Sidorejo Semin
Kabupaten Gunungkidul Tahun Ajaran 2014/2015, bertujuan untuk mengetahui
(1) Implementasi pendidikan Agidah Akhlag dalam peningkatan disiplin diri dan
budi pekerti pada siswa. (2) Hambatan yang dialami guru pendidikan agama Islam
dalam peningkatan disiplin diri dan budi pekerti pada siswa.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, artinya data atau
informasi yang dikumpulkan diwujudkan dalam bentuk angka, sehingga
analisisnya berdasarkan angka tersebut menggunakan analisis statistik. Dalam
penentuan subjek adalah siswa SMP Muhammadiyah Sidorejo Semin Kabupaten
Gunungkidul Tahun Pelajaran 2014/2015. Karena siswa di SMP tersebut, kurang
dari 100 siswa maka dalam penelitian ini disebut penelitian populasi dengan
jumlah penelitian adalah 76 orang. Teknik pengumpulan data penulis
menggunakan metode-metode observasi, dokumentasi, wawancara dan angket.
Dalam analisa kuantitatif ini akan digunakan sebuah rumus persentase.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan yaitu (1)
Implementasi pembelajaran Agidah Akhlak dalam upaya dalam peningkatan
disiplin diri dan budi pekerti adalah memberikan penjelasana pentingnya iman
kepada Allah, kepada Malaikat, Kitab, Nabi dan godho' dan godar. (2) Faktor
pendukung adalah Keberadaan Musolla, kelancaran dalam pembayaran bulanan
dari wali siswa. SD ' Muhammadiyah Sidorejo Tegalsari Semin Kabupaten
Gunungkidul mudah dalam jangkauan transportasi. Kesanggupan wali siswa
untuk mengantar dan menjemput siswa. Penerapan tata tertib sekolah yang
dipampang di depan pintu masuk. Dengan pembelajaran non formal. Melalui
pembelajaran di pondok pesantren, Pembelajaran berbasis keluarga, Penanaman
keimanan dan ketagwaan melalui lingkungan keluarga, Dengan memanfaatkan
media elektronik, Macam-macam pemahaman ajaran agama melalui media
elektronik meliputi: Komputer. Beberapa jenis program computer antara lain :
Our'an player (kaset atau CD), Ouran in World. Yaitu belajar Al-Gur'an beserta
tafsirnya melalui media computer dengan kemudahan yang menjanjikan, MP 3
Al-Oufan. Belajar Al-Gur'an melalui media suara dengan mendengarkan bacaan
Al-Our'an, Sirah Al-Manhaj. Berisikan kisah-kisah teladan yang dikupas tuntas
melalui dasar-dasar Al-Gur'an dan Hadits beserta keterangannya, Ar Bain An-
Nawawiyah.Berisikan hadits-hadits shohih dan dhoif yang patut diteladani dan
dibaca sebagai dasar pijakan dalam melaksanakan hukum-hukum Islam. Faktor
penghambat dalam peningkatan disiplin diri dan budi pekerti pada siswa SMP
Muhammadiyah Sidorejo Semin Kabupaten Gunungkidul adalah: Latar belakang
siswa yang berbeda-beda dan Anak hiperaktif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 28 May 2022 03:05 |
Last Modified: | 28 May 2022 03:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32114 |