NADIA PRAMUDYA WARDHANI (2017) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI BULLYING SISWA MELALUI PENANAMAN NILAI KE-ISLAMAN DI SMA MUHAMMADIYAH KASIHAN. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (221kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (427kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (889kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (704kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (636kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengungkap perilaku bullying siswa
yang terjadi di SMA Muhammadiyah Kasihan. (2) Mengetahui karakteristik
bullying di SMA Muhammadiyah Kasihan. (3) Menganalisis strategi guru
Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi masalah bullying siswa melalui
penanaman nilat_ ke-Islaman di SMA Muhammadiyah Kasihan. (4)
Mendeskripsikan penanaman nilai ke-Islaman guna mengatasi masalah bullying
siswa di SMA Muhammadiyah Kasihan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian yang menggunakan pendekatan
kualitatif. Menurut jenisnya yaitu penelitian lapangan (field research) dengan
pengumpulan data berupa dokumen tertulis tahun 2015-2016, observasi dan
wawancara. Subjek penelitian ini ialah kepala sekolah, guru PAI dan guru BK.
Analisis data yang dilakukan ialah (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3)
Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu (1) Perilaku bullying yang terjadi di SMA
Muhammadiyah Kasihan ialah cyber bullying, bullying relasional, bullying verbal,
dan bullying pelecehan seksual. (2) Karakteristik bullying yang terjadi di SMA
Muhammadiyah Yogyakarta adalah pelaku merasa senang ketika melakukan
tindakan bullying, adanya ketidakseimbangan antara pelaku dengan korban serta
tindakan bullying dilakukan secara berulang-ulang. (3) Strategi guru PAI dalam
menangani perilaku bu//ving siswa yaitu menanamkan nilai-nilai ke-[slaman
kepada siswa di dalam maupun di luar kegiatan belajar mengajar, serta
bekerjasama dengan guru yang lain. (4) Penanaman nilai ke-Islaman di SMA
Muhammadiyah Kasihan yaitu. melalui pembiasaan, penyadaran emosi.
pendisiplinan dan penegakan aturan vang berlaku.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 30 May 2022 03:00 |
Last Modified: | 30 May 2022 03:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32179 |