NUR ISNA AYUNANI (2017) METODE MENDIDIK ANAK BERDASARKAN TIPOLOGI ANAK (KAJIAN TAFSIR AL-MARAGI). S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (2MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (173kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (831kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (904kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (867kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (941kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap metode mendidik anak berdasarkan tipologi anak dengan kajian tafsir al-Maragi dan ingin membuktikan secara empiris metode mendidik anak berdasarkan tipologi anak dengan kajian tafsir al- Maragi dalam pendidikan anak. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif. Metode spesifik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tafsir maudii'i atau metode tematik, karena penelitian ini membahas tentang ayat- ayat yang berkaitan dengan tipologi anak. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) metode mendidik anak untuk tipologi anak sebagai perhiasan hidup di dunia adalah dengan metode kebiasaan dan keteladan. (2) metode mendidik anak untuk tipologi anak sebagai ujian atau fitnah adalah dengan metode mendidik dengan perhatian dan pengawasan. (3) metode mendidik anak untuk tipologi anak sebagai musuh adalah dengan metode mendidik dengan nasihat dan hukuman. (4) untuk tipologi anak sebagai cahaya mata atau permata hati, metode mendidik anak ini adalah dengan metode mendidik yang digunakan oleh Lugmin al-Hakim yang diabadikan dalam surah Lugmin ayat 12-19.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 30 May 2022 03:30 |
Last Modified: | 26 Nov 2022 03:13 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32192 |