PENANAMAN AKHLAK MENGGUNAKAN METODE EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SDN GEDANGAN II GEDANGSARI GUNUNGKIDUL

PUJI ASTUTI (2014) PENANAMAN AKHLAK MENGGUNAKAN METODE EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SDN GEDANGAN II GEDANGSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian yang berjudul Penanaman Akhlak Menggunakan Metode
Emotional Spiritual Quotient Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di
Kelas V SDN Gedangan II Gedangsari Gunungkidul ini, merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (Classroom Action Research) karena didasarkan atas data-data
yang dikumpulkan dari instansi sekolah secara langsung, dimana penelitian ini
mengambil data dari SDN Gedangan II. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui dan mendiskripsikan pelaksanaan metode ESQ,
mendeskripsikan pengaruh metode ESQ terhadap akhlak siswa, mendiskripsikan
desain pelaksanaan yang terbaik menggunakan Metode ESQ dalam menanamkan
Akhlak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SDN Gedangan
Il.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model penelitian spiral siklus
yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart (Suharsimi, dkk, 2011), yang
terdiri dari penyusunan, perencanaan, pelaksaan tindakan, pengamatan
(observasi), dan refleksi yang selanjutnya diikuti dengan siklus spiral.

Berdasarkan hasil yang diperoleh ditemukan bahwa pembelajaran hasil
belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SDN Gedangan
II tahun pelajaran 2013/2014 dapat meningkat dengan menggunakan metode ESQ.
hal ini dapat di lihat dari siklus I dan Siklus II, hasil siklus I sebesar 55%

sedangkan siklus II sebesar 85% sehingga sudah mencukupi sesuai
standarketentutasan yang ditentukan. Maka tidak perlu dilaksanakan siklus
berikutnya.

Kata kanci - Metade ESO (Emotional Spiritual Ouotient). Management Oolbu.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 30 May 2022 06:26
Last Modified: 30 May 2022 06:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32211

Actions (login required)

View Item
View Item