RIZAL ABD AZIZ (2016) ANALISI SEMIOTIK NILAI-NILAI DAKWAH DALAM FILM 3 (ALIF LAM MIM) KARYA ANGGY UMBARA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (222kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (462kB)
BAB I.pdf
Download (961kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (647kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (295kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (392kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (115kB)
Abstract
ABSTRAK
Dakwah merupakan bagian dari kewajiban setiap muslim dan muslimah yang
bertujuan untuk mengajak kepada kebaikan sebagai realisasi dari ketaatan kepada
Allah SWT. Dalam berdakwah kita harus mengetahui metode, yang mana
masyarakat heterogen berbeda dalam menerima suatu nasehatnya. Dalam hal ini,
film merupakan salah satu media massa yang ampuh untuk menyampaikan suatu
pesan. Film merupakan saluran menarik untuk menyampaikan pesan-pesan
tertentu, termasuk pesan-pesan keagamaan (nilai-nilai dakwah), karena bersifat
audio dan visual. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya film-film di Indonesia saat
ini yang bernuansa re/igi dan mengangkat isu-isu keagamaan yang relevan dengan
keadaan masyarakat Indonesia, salah satunya, yaitu film karya sutradara Anggy
Umbara yang berjudul 3 (4/if Lam Mim). Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui apa saja nilai-nilai dakwah yang terdapat dalam film 3 (Alif Lam
Mim), serta untuk mengetahui kelayakan film ini untuk khalayak. Penelitian ini
menggunakan metode analisis semiotik Roland Barthes, yaitu terdiri dari tahap
denotasi, konotatif dan mitos dalam sebuah film. Adapun subjek penelitian ini
adalah film 3 (Alif Lam Mim) karya Anggy Umbara, sedangkan objek dalam
penelitian ini adalah nilai-nilai dakwah yang terdapat pada potongan adegan
(scene) yang difokuskan kepada dua aspek, yaitu akidah dan akhlak. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan terdapat nilai-nilai dakwah dalam aspek akidah, yaitu
mencakupi keimanan kepada Allah SWT dengan keyakinan terhadap penciptaan
Allah, hidup dan mati, kebenaran, dan pemahaman tentang akibat dari menistakan
keyanikan kepada Allah SWT, sedangkan dalam aspek akhlak, yaitu ketaatan
kepada Allah dan Rasulnya yang direalisasikan kepada kehidupan bermasyarakat
dengan taat kepada wlil amri, sikap tolong menolong, istigomah, amanah, dan
menjaga silaturrahmi.
Kata kunci: semiotik. nilai-nilai dakwah. dan film.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 30 May 2022 07:09 |
Last Modified: | 30 May 2022 07:09 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32225 |