HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 1-5 TAHUN DI POSYANDU WIJAYA KUSUMA DUSUN 1 GEBLAKAN KECAMATAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

TITI WEDYAWATI HAJIRIN (2012) HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 1-5 TAHUN DI POSYANDU WIJAYA KUSUMA DUSUN 1 GEBLAKAN KECAMATAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang : Nutrisi merupakan salah satu komponen yang penting dalam menunjang keberlangsungan proses pertumbuhan yang menjadi tumbuh dan berkembang dalam masa pertumbuhan. Pada masa bayi untuk proses pertumbuhan dan perkembangan membutuhkan suplai makanan dan gizi dalam jumlah yang cukup dan memadai. Pada masa bayi apabila mengalami kekurangan gizi dapat menimbulkan gangguan tumbuh kembang secara fisik, mental, sosial, dan intelektual yang sifatnya menetap dan terus dibawa sampai anak menjadi dewasa. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola makan dengan tumbuh kembang anak usia 1-5 tahun di posyandu wijaya kusuma, dusun 1 Geblakan kecamatan Kasihan Bantul Yogyakarta. Metode : Penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Subjek penelitian ini adalah balita di posyandu wijaya kusuma dusun 1 Geblakan kecamatan Kasihan Bantul Yogyakarta dengan total sampel 41 responden. Data dikumpulkan dengan membagikan kuesioner pola makan pada responden kemudian melakukan pengukuran untuk tumbuh kembang dengan DDST (Denver Developmental Screening Test). Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa balita dengan pola makan balk sebanyak 27 anak (65,9%), 13 anak (31,7%) pola makannya cukup, dan 1 anak (2,4%) yang pola makannya kurang. Untuk pertumbuhan anak yang normal sebanyak 26 anak (63,4%) dan yang tidak normal sebanyak 15 anak (36,6%). Untuk perkembangan balita yang normal sebanyak 22 anak (53,7%), 10 balita (24,4%) tumbuh kembangnya suspek atau meragukan, dan 9 anak (22,0%) yang tumbuh kembangnya abnormal. Kesimpulan : Tidak tedapat hubungan antara pola makan dengan tumbuh kembang anak usia 1-5 tahun di posyandu wijaya kusuma, dusun 1 Geblakan kecamatan Kasihan Bantul Yogyakarta.
Vain levirtei • nnin makym tnmhiih irpmhancr anak

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 30 May 2022 07:50
Last Modified: 30 May 2022 07:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32237

Actions (login required)

View Item
View Item