WATINAH (2009) HASIL PENGAJARAN AL-OUR'AN PADA PENGAJIAN PUTRI AR-ROHMAH Di DUSUN PENCAR SINDUMARTANI NGEMPLAK SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (173kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (265kB)
BAB I.pdf
Download (3MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (845kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (486kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (320kB)
Abstract
Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah pendidikan yang diberikan kepada anak bukan hanya masalah jasmani saja tetapi juga rohani khususnya pendidikan agama ( yang didasarkan pada Al-Qur'an) harus ditanamkan sejak kecil untuk dapat membentuk generasi yang shalih da shalihah. Di Dusun Pencar, Desa Sindumartani semua orangtua sebagian besar menyerahkan pendidikan agama (Al-Qur'an) kepada Pengajian Putri Ar-Rohmah. Sehingga penulis ingin mengetahui bagaimana hasil yang dicapai setelah santri belajar di Ar-Rohmah dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta cara mengatasinya dalam pembelajaran Al-Qur'an. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pengamatan langsung , tanya jawab, angket, dan dokumentasi. Metode ini digunakan untuk mengambil data yang akan dianalisis guna mengetahui hasil yang dicapai setelah santri belajar di Ar Rohmah dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta cara mengatasinya dalam pembelajaran Al-Qur'an. Adapun jenis penelitian ini adalah diskriptif kulitatif dengan menggunakan pendekatan psikologis dengan santri, orangtua santri, ustadz dan pengurus pengajian Sedangkan subyek yang dipilih adalah seluruh aktifitas santri dan ustadz dalam pelaksanaan pengajian Penelitian ini menunjukan bahwa hasil yang dicapai setelah santri belajar di Ar Rohmah adalah santri dapat membaca Al-Qur'an dengan lancar sesuai kaidah tajwid, namun hanya sebagian kecil yang mengaplikasikan tutunan Al-Qur'an dalam kehidupan, mungkin hal ini dipengaruhi sikap orangtua yang juga tidak mengaplikasikan nilai agama dalam kehidupan mereka. Prosentase antara faktor pendukung dan penghambat lebih besar faktor pendukung, sehingga cara mengatasi faktor penghambat dalam pembelajaran dianggap sesuatu hal yang mudah untuk dilakukan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 31 May 2022 03:00 |
Last Modified: | 31 May 2022 03:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32247 |