WAKHID (2009) PERANAN GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA UNTUK MEMBACA AL-QUR'AN DI MIM TASKOMBANG MANISRENGGO KLATEN. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (171kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (320kB)
BAB I.pdf
Download (4MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (399kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (244kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru dalam memotivasi
siswa untuk membaca Al-Our'an di MIM Taskombang Manisrenggo, motivasi
siswa MIM Taskombang Manisrenggo untuk membaca Al-Our'an, faktor
penghambat, bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan guru untuk memotivasi
siswa membaca Al-Our'an. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat
dipergunakan sebagai bahan pertimbambangan bagi guru Pendidikan Agama
Islam MIM Taskombang Manisrenggo, khususnya yang berkaitan dengan peranan
guru dalam memotivasi siswa untuk membaca Al-Gur'an.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar
belakang Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Taskombang Manisrenggo.
Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara dan dokumentasi.
Setelah penulis memaparkan beberapa metode pengumpulan data kemudian
langkah selanjutnya adalah proses menganalisa data. Proses analisa data dimulai
dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu dari
wawancara, pengamatan yang sudah dituliskan dalam catatan lapangan,
dokumentasi pribadi, dokumentasi resmi, gambar dan sebagainya. Data tersebut
setelah dibaca, dipelajari dan ditelaah, maka langkah berikutnya adalah reduksi
data yang dilakukan dengan membuat abstraksi. Langkah selanjutnya adalah
menyusunnya dalam satuan-satuan. Satuan-satuan itu kemudian dikategorikan
pada langkah berikutnya. Kategori itu dilakukan sambil membuat koding. Setelah
tahap ini mulailah tahap penafsiran data.
Hasil penelitian menunjukan : (1) Motivasi siswa MIM Taskombang
Manisrenggo untuk membaca Al-Gur'an masih kurang, hal ini berdasarkan
beberpa hal, yaitu : banyak siswa yang tidak mengikuti kegiatan TPA di rumah,
siswa jarang membaca Al-Our'an di rumah, minat siswa mengikuti pelajaran
agama kurang, anak lebih suka mengikuti kegiatan lain, (2) Peranan guru dalam
memotivasi siswa membaca Al Our'an di MIM Taskombang dilaksanakan
melalui bentuk-bentuk kegiatan sebagai berikut: kegiatan TPA yang diadakan
setiap hari Selasa dan Jum'at, tadarus pagi yang diikuti seluruh siswa MIM
Taskombang dari kelas I sampai VI dari pukul 06.45-07.15, kerjasama sekolah
dengan ta'mir mushola Al Barokah untuk melakukan kegiatan keagamaan seperti
tadarus Al-Our'an sesudah shalat magrib. (3) Faktor penghambat guru dalam
memotivasi siswa, diantaranya adalah : banyak diantara siswa yang belum mampu
membaca huruf Arab dan anak cenderung lebih suka kegiatan yang lain.
Sedangkan, (4) Kendala siswa dalam memotivasi dirinya untuk membaca Al-
Our'an antara lain : kurangnya motivasi dan perhatian dari orang tua wali,
nandidikan orano tua rendah. dan lingkungan siswa kurang mendukung.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 31 May 2022 03:44 |
Last Modified: | 31 May 2022 03:44 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32271 |