OPTIMASI UNJUK KERJA BLOWER SEBAGAI TURBIN AIR MENGGUNAKAN CFD

HANIF NUR IRAWAN (2017) OPTIMASI UNJUK KERJA BLOWER SEBAGAI TURBIN AIR MENGGUNAKAN CFD. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (591kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)

Abstract

Kondisi topografi Indonesia yang bergunung dan berbukit serta dialiri oleh banyak sungai (besar dan kecil) dan di beberapa daerah tertentu terdapat danau dan atau waduk yang cukup potensial sebagai sumber energi air. Energi air dapat dimanfaatkan sebagai Pembangkit listrik dengan cara memanfaatkan tenaga potensial yang tersedia, misalnya potensi air terjun dan kecepatan aliran. Turbin air merupakan salah satu mesin konversi energi yang mengubah energi potensial air menjadi energi mekanik, dan dapat dikonversikan lagi menjadi energi listrik dengan menggunakan generator. Namun untuk pembuatan turbin yang merupakan peralatan vital dalam pembangkit listrik tenaga air cukup rumit dan mahal. Oleh karena itu, perlu dimanfaatkan teknologi lain yang lebih praktis dan murah yang dapat diterapkan untuk mengolah potensi energi air. Mesin-mesin fluida dapat dirubah penggunaannya dengan cara membalik input dan output energi pada alat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimasi kinerja turbin air dengan membandingkan laju aliran massa dan torsi yang dihasilkan dengan sudu yang berbeda.
Penelitian ini bermaksud untuk mengoptimalkan cara kerja blower angin sebagai turbin air menggunakan CFD (Computational Fluid Dynamics). Proses simulasi menggunakan Ansys Fluent 18.0 Academic Version dapat dibedakan menjadi 3 yaitu Pre-Processing, Processing: dan Post-Processing. Simulasi ini menggunakan sudu 5,6 dan 7 dengan variasi katup bukaan penuh, katup bukaan 3/4, katup bukaan 112 dan katup bukaan 1/3.
Hasil simulasi dan pengolahan data menunjukkan bahwa jumlah sudu berpengaruh pada unjuk kerja blower angin sentrifugal sebagai turbin air. Unjuk kerja paling tinggi didapat pada turbin dengan jumlah sudu 7 dengan daya turbin 45,38 watt dengan laju aliran massa sebesar 5,66 kg/s dan torsi 0,99 Nm pada kecepatan putar 435 rpm. Efisiensi maksimum dihasilkan pada turbin dengan jumlah sudu 7 sebesar 29,43 % pada kecepatan putar 570 rpm.
Kata kunci: Turbin Air, CFD, Efisiensi, Daya Turbin, Blower Sentrifitgal

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 03 Jun 2022 02:15
Last Modified: 03 Jun 2022 02:15
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32342

Actions (login required)

View Item
View Item