Diar Astuti (2020) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN MELALUI BUDAYA SEKOLAH (STUDI KASUS SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (806kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (67kB)
Bab I.pdf
Download (88kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (357kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (76kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (210kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (136kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (306kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap budaya sekolah yang diterapkan untuk meningkatkan mutu lulusan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta, menganalisis budaya sekolah SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta dalam meningkatkan mutu lulusan, dan mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan melalui budaya sekolah di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Di samping itu, penelitian ini menganalisis faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan mutu lulusan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumen, observasi, dan wawancara. Subjek penelitian adalah kepala sekolah SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Analisis data dilakukan melalui tahap: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat empat budaya sekolah yang diterapkan SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta dalam meningkatkan mutu lulusan, yaitu budaya religiusitas, budaya peningkatan mutu siswa melalui kegiatan ekstra dan program unggulan, budaya literasi, dan budaya sekolah ramah anak; (2) budaya sekolah penting dalam meningkatkan mutu lulusan baik secara akademik maupun nonakademik. Kebiasaan positif yang dibudayakan di sekolah dapat membentuk karakter yang positif, dapat menambah kepercayaan diri dalam berprestasi dan melanjutkan jenjang pendidikan berikutnya serta berpengaruh dalam menciptakan generasi yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. (3) kepala sekolah SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 dalam menjalankan perannya tidak hanya sebagai pemimpin tetapi juga sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, inovator dan motivator. (4) peningkatan mutu lulusan didukung dengan keterlibatan aktif seluruh stakeholder, latar belakang wali murid yang mayoritas mampu dari segi ekonomi dan sangat kooperatif, sehingga program sekolah yang membutuhkan dana lebih dapat terlaksana seperti program sisterschool yang menjadi salah satu program unggulan, dan tingkat pemahaman orang tua mengarahkan siswa untuk berperilaku positif di sekolah dapat diterapkan di rumah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah belum lengkapnya sarana prasarana yang dimilki sekolah.
Kata kunci: peran, kepemimpinan kepala sekolah, mutu lulusan, budaya sekolah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 02:38 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 07:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/326 |