ERWIN ARIF RAHMAN (2014) PENGARUH MOTIVASI DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AOIDAH DI SMK MUHAMMADIYAH SEYEGAN. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (206kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (258kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB VI.pdf
Download (372kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (322kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa,
(2) untuk mengkaji keadaan sumber belajar siswa, (3) untuk mendeskripsikan prestasi
belajar siswa, (4) untuk membuktikan apakah ada pengaruh motivasi dan sumber
belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif, metode diskriptif dengan populasi, subyeknya seluruh siswa kelas 1,2,3.
Data dikumpulkan dengan menyebarkan angket model skala likert. Data yang
diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan rumus range untuk menentukan interfal
kelas. Selain itu penelitian ini juga menggunakan rumus persamaan regresi linear
berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Tingkat sumber belajar siswa SMK
Muhammadiyah Seyegan memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, dan
berada pada posisi tinggi yaitu 44,73”6. (2) kemudian Tingkat motivasi belajar siswa
SMK Muhammadiyah Seyegan berada pada posisi tinggi dan berpengaruh signifikan
terhadap prestasi belajar yaitu dengan prosentase 47,37”6. (3) dan tingkat prestasi
belajar siswa SMK Muhammadiyah Seyegan terlihat pada posisi ktiteria cukup, dan
memiliki prosentase 47,36Y6. Penelitian juga menghasilkan gambaran adanya
pengaruh sumber dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. (4) dari hasil
yang diperoleh nilai F hitung sebesar 12,089 dengan nilai probabilitas sig 0,005. Nilai
F tabel adalah 3,18 maka 12,089 » 3,18 dan nilai sig 0,005 lebih kecil dari nilai
probabilitas sig 0,05 (0,005 « 0,05). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima,
yaitu ada pengaruh yang signifikan antara sumber dan motivasi belajar siswa terhadap
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran agidah di SMK Muhammadiyah Seyegan.
sumber dan motivasi belajar siswa mempengaruhi prestasi belajar sebesar 40,94,
sedangkan 59,196 lagi dipengaruhi oleh yang lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 03:28 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 03:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32631 |