Kemala Herlinda Duanti (2020) Representasi Wanita Berhijab Dalam Iklan Sampo (Studi Semiotika pada Iklan Sampo Sunsilk Hijab Refresh Versi Carla Rizki dan Iklan Sampo Rejoice Hijab 3 in 1 Versi Fatin Shidqia di Televisi). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (509kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (569kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (188kB)
Bab I.pdf
Download (610kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (428kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (952kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (431kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi Ilmu Komunikasi
Konsentrasi Advertising
Kemala Herlinda Duanti
20150530159
Representasi Wanita Berhijab Dalam Iklan Sampo (Studi Semiotika pada Iklan Sampo Sunsilk Hijab Refresh Versi Carla Rizki dan Iklan Sampo Rejoice Hijab 3 in 1 Versi Fatin Shidqia di Televisi)
Tahun Skripsi : 2020 + 94 Hal + 22 Gambar + 2 Tabel
Daftar Pustaka : 22 Buku + 4 Skripsi + 24 Jurnal + 21 Internet & Website
Iklan tidak hanya hadir untuk mempromosikan produk-produk tersebut namun secara langsung menghadirkan dan menawarkan sebuah imajinasi kepada konsumen. Seperti halnya iklan Sampo Sunsilk Hijab Refresh Versi Carla Rizki dan Iklan Sampo Rejoice Hijab 3 in 1 Versi Fatin Shidqia di Televisi yang menampilkan iklan sampo yang menggunakan model wanita berhijab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan pendekatan Roland Barthes. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi wanita berhijab representasi wanita berhijab dalamiklan Sampo Sunsilk hijab refresh versi Carla Rizki dan iklan Sampo Rejoice hijab 3 in 1 versi Fatin Shidqia. Penelitian ini menganalisisi makna denotasi, konotasi dan mitos yang terdapat dalam kedua iklan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wanita berhijab dalam iklan Sampo Sunsilk Hijab refresh versi Carla Rizki bebas melakukan berbagai macam kegiatan yang menantang seperti melakukan olahraga taekwondo serta memilki kesetaraan yang sama dengan wanita yang tidak menggunakan hijab. Sedangkan dalam iklan Sampo Rejoice Hijab 3 in 1 versi Fatin Shidqia adalah menggambarkan wanita berhijab yang ekspresif dengan melakukan kegiatan tanpa merasa tekekang.
Kata kunci: Representasi, Iklan Sampo, Wanita Berhijab, Semiotik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 02:44 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 07:23 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/327 |