Kemala Herlinda Duanti (2020) Representasi Wanita Berhijab Dalam Iklan Sampo (Studi Semiotika pada Iklan Sampo Sunsilk Hijab Refresh Versi Carla Rizki dan Iklan Sampo Rejoice Hijab 3 in 1 Versi Fatin Shidqia di Televisi). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (509kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (610kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (952kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi Ilmu Komunikasi
Konsentrasi Advertising
Kemala Herlinda Duanti
20150530159
Representasi Wanita Berhijab Dalam Iklan Sampo (Studi Semiotika pada Iklan Sampo Sunsilk Hijab Refresh Versi Carla Rizki dan Iklan Sampo Rejoice Hijab 3 in 1 Versi Fatin Shidqia di Televisi)
Tahun Skripsi : 2020 + 94 Hal + 22 Gambar + 2 Tabel
Daftar Pustaka : 22 Buku + 4 Skripsi + 24 Jurnal + 21 Internet & Website
Iklan tidak hanya hadir untuk mempromosikan produk-produk tersebut namun secara langsung menghadirkan dan menawarkan sebuah imajinasi kepada konsumen. Seperti halnya iklan Sampo Sunsilk Hijab Refresh Versi Carla Rizki dan Iklan Sampo Rejoice Hijab 3 in 1 Versi Fatin Shidqia di Televisi yang menampilkan iklan sampo yang menggunakan model wanita berhijab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan pendekatan Roland Barthes. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi wanita berhijab representasi wanita berhijab dalamiklan Sampo Sunsilk hijab refresh versi Carla Rizki dan iklan Sampo Rejoice hijab 3 in 1 versi Fatin Shidqia. Penelitian ini menganalisisi makna denotasi, konotasi dan mitos yang terdapat dalam kedua iklan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wanita berhijab dalam iklan Sampo Sunsilk Hijab refresh versi Carla Rizki bebas melakukan berbagai macam kegiatan yang menantang seperti melakukan olahraga taekwondo serta memilki kesetaraan yang sama dengan wanita yang tidak menggunakan hijab. Sedangkan dalam iklan Sampo Rejoice Hijab 3 in 1 versi Fatin Shidqia adalah menggambarkan wanita berhijab yang ekspresif dengan melakukan kegiatan tanpa merasa tekekang.
Kata kunci: Representasi, Iklan Sampo, Wanita Berhijab, Semiotik
Dosen Pembimbing: | Zein Mufarrih Muktaf, S.IP., M.I.Kom | NIDN0519048203 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 02:44 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 07:23 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/327 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |