PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PIANO JUNIOR INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM BERMAIN PIANO

M. ALFA REZA ZULFIKAR (2017) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PIANO JUNIOR INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM BERMAIN PIANO. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)

Abstract

ABSTRAK

Harga piano yang mahal membuat dilema bagi orang tua atau guru untuk
mengajarkan anak dalam bermain piano. Selain biaya yang mahal, waktu yang
dibutuhkan untuk kursus piano juga tidaklah sebentar. Oleh karena itu, dibutuhkan
sebuah solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Game edukasi tentang belajar
bermain pianio diharapkan dapat menjadi solusi untuk orang tua atau guru yang
tidak memiliki piano dalam mengajarkan anak - anak bermain piano. Tujuan dari
penelitian ini adalah mengembangkan sebuah game edukasi dengan nama Piano
Junior Indonesia untuk meningkatkan kemampuan anak dalam bermain piano
dengan cara memainkan lagu anak Indonesia dalam nada - nada piano yang telah
disediakan oleh game tersebut. Setelah melalui hasil pengujian pre-test dan post-
test dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak — anak dalam bermain piano setelah
menggunakan game edukasi Piano Junior Indonesia cenderung meningkat daripada
sebelum menggunakan. Hal ini dibuktikan nilai signifikansi yang muncul pada

SPSS adalah p « 0.01.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 30 Jun 2022 07:35
Last Modified: 30 Jun 2022 07:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32775

Actions (login required)

View Item
View Item