HOMESCHOOLING SEBAGAI ALTERNATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA

MOHAMMAD FARHAN (2007) HOMESCHOOLING SEBAGAI ALTERNATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan di Indonesia, ada banyak masalah yang harus
segera dibenahi oleh para praktisi pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah
ketidakpuasan para orang tua siswa terhadap sistem pendidikan sekolah yang ada.
Para orang tua siswa merasa bahwa anak-anak mereka menjadi korban sistem
pendidikan di sekolah. Masalah-masalah tersebut diantaranya adalah kurikulum
yang overloud, aturan yang sangat ketat, dan model pembelajaran yang tidak
sesuai dengan kebutuhan anak-anak mereka.

Dengan adanya masalah-masalah tersebut di atas, muncullah
homeschooling yang dianggap sebagai alternatif pendidikan di Indonesia.
Penelitian mengenai homeschooling ini bertujuan untuk mengetahui bentuk
homeschooling, mengembangkan pencrapan homeschooling dalam kegiatan
pembelajaran anak menurut standar kurikulum nasional, serta menunjukkan
kepada masyarakat umum bahwa homeschooling dapat dijadikan sebagai
alternatif pendidikan di Indonesia. Prosedur penelitian yang diterapkan penulis
dalam penulisan ini adalah dengan mengumpulkan data-data berupa buku,
majalah, artikel dan lain sebagainya yang berkaitan dengan homeschoolirg, serta
menganalisis data menggunakan teknik deskripsi analisis.

Dari analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa homeschooling
dapat dijadikan sebagai alternatif pendidikan di Indonesia bagi anak-anak yang
mengalami ketidak cocokkan dengan sistem pendidikan yang ada dalam jalur
pendidikan formal atau sekolah. Namun bagi anak-anak yang tidak mengalami
masalah dengan sistem pendidikan di sekolah, mereka tetap boleh memilih
sekolah sebagai tempat menuntut ilmu.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 01 Jul 2022 02:42
Last Modified: 01 Jul 2022 02:42
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32794

Actions (login required)

View Item
View Item