PENGARUH IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH ”X” YOGYAKARTA

NUR WAHIDATUL MUFLIHAH (2009) PENGARUH IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH ”X” YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Persingan antara perusahaan satu dengan perusahaan lain membuat perusahaan harus
merubah paradigma pemasaran dari pemasaran transaksional yang terfokus kepada
bagaimana mendapatkan konsumen kepada pemasaran relasional dimana perusahaan
harus mempertahankan konsumen yang sudah ada disamping mencari konsumen
vang baru, dengan cara membuat konsumen puas, dan kemudian menjadi loyal.

Penelitian ini menguji apakah aspek memahami harapan konsumen, membangun
kerjasama dengan konsumen, manajemen mutu total, dan pemberdayaan karyawan
berpengaruh kepada kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen.

Sampel penelitian ini adalah nasabah yang menabung di bank syariah. Peneliti
menggunakan teknik convenience sampling dan purposive sampling. Pengujian
dilakukan kepada 94 orang sampel.

Peneliti menggunakan analisis regresi untuk mengetahui pengaruh dari relationship
marketing inputs terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Peneliti juga
menggunakan uji F dan uji t untuk mengetahui pengaruh bersama-sama dan secara
parsial relationship marketing inputs terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen.

Hasil dari penelitian ini adalah relationship marketing inputs secara bersama-sama
berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Sedangkan secara parsial,
membangun kerjasama dengan konsumen dan pemberdayaan karyawan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan memahami harapan konsumen
dan manajemen mutu total tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
konsumen. Memahami harapan konsumen dan membangun kerjasama dengan
konsumen berpengaruh sigiifikan terhadap loyalitas konsumen, sedangkan
manajemen mutu total dan pemberdayaan karyawan tidak berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas konsumen.

Kata kunci:
Relationshin marketine innuts customer satisfaction euctomer lovalhyy

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 02 Jul 2022 06:06
Last Modified: 02 Jul 2022 06:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32866

Actions (login required)

View Item
View Item