PERSEPSI PASIEN TERHADAP SIKAP DAN KOMUNIKASI PERAWAT DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

NURINAYAT HI. SALIM (2009) PERSEPSI PASIEN TERHADAP SIKAP DAN KOMUNIKASI PERAWAT DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BABA I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)

Abstract

Komunikasi merupakan aktivitas yang penting untuk manusia dalam aktivitas yang bertujuan memudahkan, melancarkan, dan melaksanakan kegiatan. Komunikasi terapeutik dan sikap perawat yang sesuai sangat penting untuk diterapkan pada tindakan keperawatan di rumah sakit, persepsi yang balk dan sesuai dalam komunikasi dibutuhkan pasien dan perawat supaya tujuan dalam keperawatan untuk pasien tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi pasien terhadap sikap dan komunikasi perawat di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis kuantitatif dengan Non Eksperimen. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah bersedia menjadi responden. dan yang berada di bangsal Melati, Flamboyan dan Nusa Indah di RSUD Panembahan Senopati Bantu'. 1-lasii analisis data penelitian ini menggunakan uji deskriptif untuk mendiskripsikan karakteristik pada variabel yang diteliti. Hasa penelitian menunjukkan tingkat persepsi pasien terhadap komunikasi adalah nilai baik dan buruk sama yaitu sebesar 50%, hasil persepsi pasien pada sikap perawat dalam berkomunikasi adalah buruk dengan nilai 63,3%. Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan agar para tenaga kesehatan khususnya perawat harus lebih meningkatkan pengetahuan tentang komunikasi dan keterampilan dalam sikap berkomunikasi yang terapeutik untuk pasien yang berada di rumah sakit sehingga kebutuhan yang diinginkan terpenuhi dan memudahkan kerja perawat.
Kata kunci : Komunikasi Terapeutik, Sikap berkomunikasi, Persepsi
xv

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:13
Last Modified: 04 Jul 2022 07:13
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32920

Actions (login required)

View Item
View Item