USAHA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALIURANG I HARGOBINANGUN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA

PURWONO (2009) USAHA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALIURANG I HARGOBINANGUN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V di SD Kaliurang I.
Penelitian dilakukan pada SD Negeri Kaliurang I Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta dengan menggunakan metode diskriptif kuantitatif yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD N Kaliurang I. Dalam penelitian ini menggunakan metode a. Angket / kuisioner. b. Observasi c. Interview / Wawancara d. Dokumentasi
Dari hasil pembahasan maka dapat disimpulkan : I. Usaha guru dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan Agama Islam dengan cara memberikan nasehat, hadiah, hukunian, sanjungan, nilai, reward, dan menyiapkan materi dengan baik. 2. Faktor pendukung guru dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam sama dengan: Tempat Tinggal siswa yang dekat dengan sekolah, adanya minat siswa untuk mempelajari materi pendidikan agama Islam dengan adanya TPA, Pesantren Kilat dan sarana atau prasarana yang cukup memadai. 3. Factor penghambat guru dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam: kemampuan siswa yang berbeda dikarenakan latar belakang yang berbeda-beda, pengaruh lingkungan, kurikulum yang belum mengarah, waktu dan materi yang kurang sesuai. Pendidikan Agama dianggap tidak penting karena tidak rrig..rtrianntlf.an cvl nka canna fnunrit nokpriann karenn ktmtnva nenvanth

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:24
Last Modified: 05 Jul 2022 02:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32954

Actions (login required)

View Item
View Item