PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KELOMPOK DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PARTISIPATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MA NURUL HIKMAH HAURGEULIS KABUPATEN INDRAMAYU

SUNARTI (2007) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KELOMPOK DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PARTISIPATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MA NURUL HIKMAH HAURGEULIS KABUPATEN INDRAMAYU. S2 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Siswa MA Nurul Hikmah Haurgeulis Kabupaten Indramayu mayoritas
berlatar belakang Sekolah Menengah Pertama ( SMP ), sehingga mereka asing
dengan pelajaran Bahasa Arab. Oleh karena itu guru Bahasa Arab dituntut untuk
dapat memilih metode yang tepat, dan dapat mengikut sertakan siswa dalam
kegiatan pembelajaran, sehingga terjadi interaksi edukasi untuk mencapai tujuan
dan dapat memberikan motivasi siswa belajar Bahasa Arab. Tujuan Penelitian ini
adalah untuk mengetahui sejauhmana pengaruh Metode Pembelajaran Kelompok
dan Kegiatan Pembelajaran Partisipatif Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab
Siswa MA Nurul Hikmah Haurgeulis Kabupaten Indramayu.

Populasi penelitian yang digunakan adalah Siswa MA Nurul Hikmah
Haurgeulis Kabupaten Indramayu Tahun Pelajaran 2006/2007 yang berjumlah
435 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Stratified Proportional
Random Sampling. Sedangkan sampel yang digunakan dengan mengambil 30 %
populasi yang ada, sehingga sampelnya berjumlah 130.Untuk menganalisis dan
menginterprestasikan data dengan menggunakan angket sebagai instrumen
penelitian yang utama dibantu dengan observasi, dokumentasi dan interview
untuk kedalaman data. Alat analisis yang digunakan untuk menjawab hipotesis
penelitian ini adalah dengan menggunakan Regresi Ganda.

Berdasarkan hasil perhitungan statistik dengan menggunakan program
SPSS versi 12.0 for Windows. Yang telah dilakukan maka dapat diambil
kesimpulan : 1). Ada pengaruh yang positif signifikan antara metode
pembelajaran kelompok terhadap motivasi belajar Bahasa Arab siswa. Hal ini
ditunjukkan oleh harga koefisien determinasi ( rX;Y? ) sebesar 0,33.2). Ada
pengaruh yang positif signifikan antara kegiatan pembelajaran partisipatif
terhadap motivasi belajar Bahasa Arab siswa. Hal ini ditunjukkan oleh harga
koefisien determinasi ( rX,Y? ) sebesar 0,231. 3). Ada pengaruh yang positif
signifikan antara metode pembelajaran kelompok bersama-sama dengan kegiatan
pembelajaran partisipatif terhadap motivasi belajar Bahasa Arab siswa. Hal ini
ditunjukan oleh harga koefisien determinasi ( R”) sebesar 0,501. Adapun besarnya
Sumbangan Efektif metode pembelajaran kelompok terhadap motivasi belajar
Bahasa Arab siswa MA Nurul Hikmah Haurgeulis Kabupaten Indramayu sebesar
30,06 %, dan Sumbangan Efektif kegiatan pembelajaran partisipatif terhadap
motivasi belajar Bahasa Arab siswa MA Nurul Hikmah Haurgeulis Kabupaten
Indramayu sebesar 20,00 %. Dari sini dapat disimpulkan bahwa metode
pembelajaran kelompoklah yang lebih besar pengaruhnya terhadap motivasi
belajar Bahasa Arab siswa jika dibandingkan pengaruh kegiatan pembelajaran
partisipatif.

Kata Kunci: Bahasa Arab npelaiaran asino: Metode: Pemhelajaran

Item Type: Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:46
Last Modified: 05 Jul 2022 03:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32971

Actions (login required)

View Item
View Item