DAYA SERAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI JATEN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2008/2009

SUTIYEM (2009) DAYA SERAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI JATEN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2008/2009. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan strategi apa yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pencapaian target dan daya serap kurikulum serta apa yang menjai faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, subyek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, Guru, Karyawan, Guru Pendidikan Agama Islam, Siswa Kelas II SD Negeri Jaten Kabupaten Sleman. Teknik penelitiannya menggunakan teknik purpose sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara (interview), observasi, tes dan dokurnentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Jaten dalam pembinaan sholat ditempuh dengan 3 cara yaitu melalui kegiatan intrakurikuler, ko kurikuler dan ekstrakurikuler. Adapun bentuk-bentuk pembinaan ibadah sholat yaitu sebelum pelajaran Pendidikan Agama Islam dimulai siswa diajak menghafal surat-surat pendek atau bacaan-bacaan sholat. Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan pembelajaran ibadah sholat di kelas II SD Negeri Jaten menunjukkan hasil yang cukup baik, mengenai nilai kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hal ini ditunjukkan ketika diberi tes tertulis maupun tes perbuatan, ternyata siswa meningkat pengetahuannya, mengenai gerakan sholat maupun bacaan sholatnya.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:27
Last Modified: 07 Jul 2022 03:27
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33048

Actions (login required)

View Item
View Item