Hubungan Pemakaian Alat Bantu Dengar terhadap Tingkat Inteligensi Siswa Tunarungu di SLB-B Karnnamanohara Yogyakarta

IRA FANIA (2010) Hubungan Pemakaian Alat Bantu Dengar terhadap Tingkat Inteligensi Siswa Tunarungu di SLB-B Karnnamanohara Yogyakarta. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
Halaman Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf

Download (25kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)

Abstract

Pemakaian alat bantu dengar pada siswa penderita tunarungu mempunyai pengaruh dalam perkembangan fungsi motorik, perseptual dan kognitif. Walau hasilnya tidak seperti orang normal pada umumnya, tetapi alat bantu dengar membantu proses pendengaran dan pemahaman percakapan, dalam kasus ini alat bantu dengar meningkatkan kemampuan berbahasa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana hubungan pemakaian alat bantu dengar terhadap tingkat inteligensi siswa tunarungu SLB-B Karnnamanohara Yogyakarta. Desain penelitian ini adalah observasional dengan metode penelitian cross sectional. Sampel diambil dari siswa tunarungu di SLB-B Karnnamanohara Yogyakarta. Jumlah responden sebanyak 43 orang. Penelitian ini menggunakan lembar kuesioner yang diisi oleh orangtua siswa yang mempunyai kriteria inklusi yang telah ditetapkan dan tes inteligensi CPM (Coloured Progressive Matrices). Hasil penelitian berdasarkan analisis Spearman dan Koefisien Kontingensi menunjukkan nilai signifikan (p) 0,035 untuk pemakaian alat bantu dengar sedangkan variabel yang lain yaitu jenis kelamin p = 0,444, umur p = 0,748. Dapat disimpulkan bahwa pemakaian alat bantu dengar memiliki hubungan terhadap tingkat inteligensi siswa tunarungu SLB-B Karnnamanohara Yogyakarta sedangkan pada umur dan jenis kelamin tidak memiliki hubungan.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Jul 2022 02:27
Last Modified: 14 Jul 2022 02:27
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33095

Actions (login required)

View Item
View Item