EKHY SHIDIQ MAULANA (2017) EVALUASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (181kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (796kB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (259kB)
BAB I.pdf
Download (701kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (662kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (191kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (70kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi metode sorogan dalam
pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh Wonokromo
Pleret Bantul, ditinjau dari segi konteks (comexi), masukan Unput), proses
(process), dan hasil (output). Jenis Penelitian ini evaluative expost facto. Model
pendekatan mixed method menggunakan model CIPP dari Stufflebeam, Subjek
penelitian ustadz-ustadzah sorogan, pengurus dan beberapa santri putra dan putri.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Metode analisis untuk data kualitatif digunakan teori Miles Hilberman meliputi
reduksi, display, trianguasi, kesimpulan dan untuk analisi kuantitatif digunakan
statistik diskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi context kurang baik.
Hal ini dibuktikan dengan minimnya yang bisa membaca kitab kuning, kurangnya
pengkaderan dan belum disosialisasikannya program metode sorogan. Penentuan
program melibatkan stakeholder (2) Evaluasi Input dapat dikategorikan cukup
baik. Hal ini dibuktikan dengan proses penyeleksian ustadz karena beliau harus
mempunyai wawasan yang memadai tentang ilmu nahwu dan sharaf. Penerimaan
santri tanpa melalui penyeleksian (3) Evaluasi process pembelajaran sorogan di
pondok tidak terkait pada suatu kurikulum. Materi yang disampaikan merupakan
kebijakan dari ustadz bahkan ada yang berdasarkan musyawarah dengan santri.
Pelaksanaan metode sorogan dalam pembelajaran nahwu, sharaf berbeda dengan
metode sorogan yang diterapkan pada umumnya yaitu santri maju satu per satu
dihadapan ustadz kemudian menyorogkan kitab yang telah dipelajari sebelumnya.
Sedangkan ustadz hanya menyimak, jika terjadi kesalahan langsung dibenarkan,
setelah itu santri menjelaskan maksud dari bacaan dan ustadz mengajukan
pertanyaan seputar nahwu, sharaf dan pemaham dari teks yang telah dibaca (4)
Evaluasi product pembelajaran kitab kuning dengan metode sorogan
dikategorokan sudah berhasil. Hal ini, terbukti jumlah santri yang lulus yaitu
82,74” dan rata-rata santri yang tidak lulus yaitu 17,250.
Kata Kunci: Evaluasi Program, Metode Sorogan, Pembelajaran Kitab Kuning.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 01:32 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 01:32 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33153 |