ANISA KHOIRI (2017) PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PELAJARAN IBADAH DI SMP MUHAMMADIYAH 1 WATES. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (510kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (549kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan metode cooperative learning tipe STAD untuk anak berkebutuhan khusus dalam pelajaran ibadah, (2) mengetahui prestasi anak berkebutuhan khusus sebelum penerapan metode cooperative learning tipe STAD pada pelajaran ibadah, (3) Untuk mengetahui prestasi anak berkebutuhan khusus (ABK) setelah penerapan metode cooperative learning tipe STAD dalam pelajaran ibadah, dan (4) untuk mengetahui metode cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar anak berkebutuhan khusus dalam pelajaran ibadah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dan 3 siklus. Subjek dalam penelitian ini yaitu 2 siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes untuk pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan disertai dengan tabel dan angka untuk memudahkan dalam pengolahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode cooperative learning tipe STAD dalam pelajaran ibadah pada anak berkebutuhan khusus dimulai dart pembagian kelompok, penjelasan dart guru, kegiatan belajar dalam tim, tes dan pemberian penghargaan kepada siswa. (2) Prestasi sebelum penerapan metode cooperative learning tipe STAD dalam pelajaran ibadah pada anak berkebutuhan khusus sangat rendah. Data menunjukkan bahwa siswa tunagrahita tidak mau mengerjakan soal sebelum dilaksanakannya metode dan siswa tunadaksa mendapatkan nilai 40. (3) Prestasi setelah penerapan metode cooperative learning tipe STAD dalam pelajaran ibadah pada anak berkebutuhan khusus meningkat. Pada siklus I mendapatkan nilai 20 dan bagi siswa tunadaksa mendapatkan nilai 47. Hasil pada tindakan siklus II menunjukkan adanya peningkatan yang cukup tinggi dengan perolehan skor penilaiaan kedua anak berkebutuhan khusus mendapat nilai 60. Hasil siklus III kembali menunjukkan peningkatan dan hasil penilaian kedua siswa berkebutuhan khusus telah mencapai Kriteria Kentutasan Minimal (KKM) yaitu 75. (4) Dengan demikian, penerapan metode cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar anak berkebutuhan khusus pada pelajaran ibadah.
Kata kunci : prestasi belajar, ARK, STAD, PTK
xii
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 07:48 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 07:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33193 |