Mumtaz Nanda Riyanis (2021) ANALISIS PERSEPSI KRITERIA DOKTER YANG BAIK DI KLINIK PRATAMA FIRDAUS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (369kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (92kB)
Bab I.pdf
Download (192kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (189kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (169kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (230kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (753kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang : Peran dokter sebagai pelayan kesehatan merupakan profesi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Pentingnya etika yang baik pada dokter akan menunjang hubungan dokter-pasien yang ideal. Apabila dalam hubungan dokter-pasien mengalami permasalahan, hal ini kemungkinan terdapat perbedaan persepsi antara dokter dengan pasien mengenai pendapat kriteria dokter yang baik. Penelitian sebelumnya sudah banyak dilakukan di negara lain. Di Indonesia khususnya Yogyakarta memiliki budaya dan adat yang berbeda dengan negara lain.
Metode : Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Klinik Pratama Firdaus,Yogyakarta. Dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Dilakukan wawancara secara mendalam dengan 11 informan yang merupakan dokter umum yang sudah berpraktik di Klinik Pratama Firdaus selama lebih dari 1 tahun.
Hasil : Kriteria dokter yang baik menurut dokter di Klinik Pratama Firdaus adalah selalu berusaha menjadi lebih baik. Kriteria tersebut dibentuk dari sub-tema menjaga kompetensi dan menjaga nilai-nilai Islam. Delapan dari sebelas dokter di Klinik Pratama Firdaus mengungkapkan bahwa mereka belum maksimal dalam mencapai kriteria dokter yang baik.
Kesimpulan : Penelitian ini menyoroti persepsi tentang dokter yang baik menurut dokter di Klinik Pratama Firdaus. Data yang didapatkan menunjukkan bahwa persepsi informan berbeda-beda, dan berdasarkan hasil penelitian diperlukan peningkatkan kualitas pelayanan kesehatan khususnya komunikasi efektif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 03:29 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 03:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3324 |