SOFRI MUTIARA ULYA (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AMTSAL NUR KAJIAN ATAS OS. AN-NUR AYAT 35. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (208kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (771kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (694kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengkaji subtansi makna amtsal nur dalam QS. An-Nur ayat 35 menurut pendapat al-Maraghi dan al-Ghazali, dan 2) menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalamnya. Adapun kegunaannya adalah sebagai bahan informasi dan penambah wawasan keilmuan serta menjadi dasar tujuan pendidikan Islam dengan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode riset kepustakaan (library research), yaitu menjadikan bahan pustaka sebagai sumber (data) primer dan data sekunder. Metode menganalisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (Content Analiysis). Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif- kualitatif, interpretasi dan komparasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perbedaan penafsiran antara al-Maraghi dan al-Ghazali adalah pada daya penerima cahaya (petunjuk) Allah. Al-Maraghi menyebutkan bahwa cahaya tersebut diterima olth hati, sedangkan al-Ghazali menyebut bahwa yang menerima pancaran cahaya Allah adalah akal. 2) Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam amtsal nur QS. An-Nur ayat 35, meliputi: a) nilai pendidikan i'tiqadiyah (aqidah), b) nilai pendidikan khuluqiyah (akhlaq), c) nilai pendidikan `amaliyah. Kesemua nilai tersebut al-Maraghi meniliknya melalui hati manusia, baik peranan hati dalam menanamkan dan memelihara nilai-nilai pendidikan Islam tersebut. Adapun al-Ghazali meniliknya melalui akal manusia, yang berperan pula dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam.
Keywords: Amtsal Nur, Ftiaadiyah, Khuluaiyah. Amaliyah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 02:47 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 02:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33256 |