UMAMI KHUSNUN NIDA (2017) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH KEBUMEN. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (2MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (406kB)
BAB I.pdf
Download (2MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (517kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (556kB)
LAMPIRAN A.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
LAMPIRAN B.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (549kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (I) mendeskripsikan proses pembelajaran setelah diterapkannya model pembelajaran make a match, (2) untuk membuktikan apakah dengan model pembelajaran make a match dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan keaktifan belajar pada siswa kelas III di SD Muhammadiyah Kebumen (3) Untuk membuktikan apakah dengan model pembelajaran make a match dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan hasii belajar pada siswa kelas 111 di SD Muhammadiyah Kebumen.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III Sa'id SD Muhammadiyah kebumen, tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 30 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang merupakan suatu tindakan reflektif guna untuk memperbaiki proses belajar mengajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi, untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dan observasi aktivitas guru, (2) tes hasil belajar, hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan yang dimiliki oleh siswa, (3) dokumentasi ini mengunakan foto-foto pada saat proses pembelajaran berlangsung.(4) wawancara, hal ini dilakukan untuk mendapatkan deskripsi tentang permasalah yang terdapat di dalam kelas. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif kuantitatif.
1-lasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (I) siswa terlihat antusias dalam pembelajaran karena model pembelajaran yang berbeda dengan pembelajaran biasanya yaitu tidak hanya mendengarkan penjelasan guru saja namun siswa juga bisa bermain (2) terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa, pada siklus I dengan rata-rata 67%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 79%. (2) peningkatan hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata 86, dan pada siklus II menjadi 92. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di SD Muhammadiyah Kebumen.
Keyword : make a match, keaktifan, hasil belajar.
xiv
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | make a match, keaktifan, hasil belajar |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 03:21 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 03:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33260 |