ELVIA HANUM (2010) EFEKTIFITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR KELAS III MENGHADAPI UAN/UN PADA SMK PI AMBARRUKMO I SLEMAN. S2 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (193kB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (645kB)
BAB I.pdf
Download (3MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (519kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (454kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (466kB)
Abstract
Akhir-akhir ini masih ada kepala sekolah yang belum efektif melaksanakan supervisi sehingga guru mengajar belum sesuai dengan aturan yang ada karena kurang adanya pengawasan atau bimbingan dari kepala sekolah. Masalah yang sedang dihadapi oleh sekolah saat ini adalah tentang kriteria kelulusan dengan nilai - 4,25 dan rata-rata nilai keseluruhan harus 5,25. Kriteria ini berbeda dengan pelaksanaan UAN/UN tahun sebelumnya dimana standar kelulusan hanya didasarkan atas perolehan Nilai Ebtanas Murni (NEM) yang tanpa distandarisasi seperti pelaksanaan UAN/UN sekarang. Dalam mensikapi dampak adanya Permendiknas nomor 78 tahun 2008,tanggal 5-12-2008 tentang UAN/UN, maka kepala sekolah berupaya sekuat tenaga untuk memacu guru dan siswa dengan berbagai langkah-langkah strategis. Adapun yang menjadi pokok masalah dalam penelitian ini adalah upaya-upaya supervisi yang dilakukan kepala sekolah, kualitas proses belajar mengajarnya, dan bagaimana keefektifitasan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metodologi field research yang berlokasi di SMK PI Ambarrukmo | Sleman. Sumber data diperoleh dari dokumen-dokumen / arsip-arsip sekolah yang mendukung. Obyek penelitian meliputi: kepala sekolah, guru dan siswa dalam proses belajar mengajar kelas III dengan tehnik pengumpulan data melalui:, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis yang penulis gunakan adalah analisis kualitatif atas data yang bersumber dari data kuantitatif dengan pendekatan terhadap pimpinan atau kepala sekolah serta guru dan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menjelaskan tentang pelaksanaan supervisi kepala sekolah yang dilakukan secara efektif dan untuk memahami serta menjelaskan tentang upaya-upaya dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar kelas III dalam menghadapi UAN/UN serta untuk menjelaskan tentang upaya-upaya supervisi yang dilakukan oleh kepala SMK PI Ambarrukmo I Sleman. Hasil dari penelitian ini penulis memperoleh temuan-temuan yaitu, bahwa upaya-upaya supervisi kepala sekolah itu dilakukan dengan melalui pendekatan langsung maupun tidak langsung , juga berupa bimbingan-bimbingan baik secara individu maupun kelompok serta melalui acara-acara ritual keagamaan dan penambahan jam belajar (les) secara berkesinambungan. Didalam penelitian ini juga ditemukan bahwa dampak dari supervisi itu menjadikan kualitas proses belajar mengajarnya baik. Dengan demikian supervisi yang dilakukan oleh kepala SMK PI Ambarrukmo 1 Slemar benar-benar efektif dan hasil UAN/UN dari tahun ke tahun berkisar 9096-1005 dan secara moral didalam penerimaan pengumuman kelulusan tanpa ada kesan hura-hura bahkan terkesan Islami.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effective Supervision, Quality, Learning Education Process |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 04:21 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 03:30 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33298 |