ERMALITA NURUL MUSFAROH (2013) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMP AL-HIKMAH KARANGMOJO GUNUNGKIDUL. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (201kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (2MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (273kB)
BAB I.pdf
Download (4MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (311kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (251kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional dan
Spiritual siswa serta ada tidaknya pengaruh antara kecerdasan emosional dan
kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SMP
Al-Hikmah Karangmojo Gunungkidul,
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Al-Hikmah yang
berjumlah 202 siswa dan terdiri dari 6 kelas. Dan yang menjadi sampel penelitian
sebanyak 101 siswa.Variabel dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional
dan kecerdasan spiritual sebagai variabel bebas serta pretasi belajar sebagai
variabel terikat. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah menggunakan teknik angket, observasi, wawancara dan dokumentasi .
Hasil pengujian dengan menggunakan perhitungan manual dan dibantu dengan
program SPSS versi 16.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kecerdasan emosional dan
kecerdasan spiritual siswa tergolong dalam kategori sedang. Variabel kecerdasan
emosional siswa diketahui nilai signifikansi sebesar 0.005 sehingga dapat
disimpulkan ada pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar
siswa. Untuk variabel kecerdasan spiritual diketahui nilai signifikansi sebesar
0.006 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara kecerdasan spiritual
terhadap prestasi belajar siswa. Hasil pengujian secara simultan diketahui nilai
signifikansi sebesar 0.000 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh antara
kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar siswa.
Hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa besarnya pengaruh
antara X1 dan X2 terhadap Y sebesar 0.542 atau 54.246. Sedangkan sisanya
sebesar 45.8Y6 dipengaruhi faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 04:28 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 04:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33299 |