MISS. NURAMA JEHYUNU (2013) KOMPETENSI PEDAGOGIS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH CHONG RAKSAT WITTAYA PATTANI THAILAND SELATAN. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (199kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (281kB)
BAB I.pdf
Download (5MB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (478kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (314kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana kompetensi
pedagogis guru pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah Chong Raksat Wittaya
Pattani. 2) Mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terhadap
kompetensi pedagogis guru pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah Chong
Raksat Wittaya Pattani.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif yang datanya diperoleh dari hasil angket, wawancara, dan
dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data
kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Kompetensi pedagogis guru
pendidikan Agama Islam di Sekolah Chong Raksat Wittaya Pattani sudah
memiliki kompetensi yang cukup baik dalam beberapa aspek kompetensi. Hal ini
dapat dilihat dari hasil angket yang diisi oleh siswa dengan hasil 83.396. Banyak
dari siswa yang menerangkan bahwa kompetensi guru cukup baik. 2) Faktor-
faktor yang mempengaruhi terhadap kompetensi guru adalah: Guru mempunyai
ketrampilan, pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar merupakan suatu
proses yang kompleks dan melibatkan berbagai aspek yang saling berkaitan
karena merupakan integrasi dari berbagai kompetensi guru secara utuh dan
menyeluruh. Hal ini memerlukan kepakaran guru dalam menentukan strategi
pengajaran dan pembelajaran. Guru boleh menentukan pendekatan, memilih
kaedah dan menetapkan teknik-teknik tertentu yang sesuai dengan perkembangan
dan kebolehan pelajar. Sehingga pembelajaran dapat berjalan efektif dan efeksien.
Ketrampilan merupakan syarat mutlak agar guru bisa mengimplementasikan
berbagai strategi pembelajaran. Setiap guru seharusnya mempunyai ketrampilan
mengelola kelas dan baik. Karena pendidikan Agama Islam sebagai mata
pelajaran agama yang penting dalam membentuk sikap dan sifat anak didik dalam
kehidupan sehari-hari. Pegelolaan kelas yang baik dalam pembelajaran PAI tidak
hanya menyangkut pegelolaan kelas dan pengaturan siswa di dalam kelas saja.
Tetapi di sertai dengan pengaturan ruagan, sarana dan prasarana serta
menyampaian materi yang bervariasi sehingga siswa tidak bosan dan dapat
menyerap materi yang di sampaikan oleh guru.
Kata-kunci : Kompetensi Pedagogis Guru (PAI)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 02:00 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 02:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33319 |