NADHEA PUTRI ZULCHAIRA P. (2022) STUDI KUALITATIF PENGALAMAN TENAGA KESEHATAN PUSKESMAS DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KESEHATAN DI AKHIR MASA PANDEMI COVID-19 DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (592kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (225kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (271kB)
Bab I.pdf
Download (383kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (287kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (520kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (422kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (462kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (345kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar Belakang: Mereka yang paling berisiko untuk terpapar virus COVID-19 adalah mereka yang berhubungan langsung dengan para pasien atau mereka yang biasa merawat pasien dengan COVID-19. Seringkali perawat harus mengorbankan kesejahteraan bahkan nyawanya sendiri untuk menolong pasien. Data menunjukkan bahwa sekitar 1.36 % dari kasus kematian untuk para tenaga kesehatan di Indonesia dikarenakan oleh COVID-19. Petugas kesehatan membutuhkan kewaspadaan yang tepat untuk melindungi diri dan mencegah penyebaran di fasilitas perawatan kesehatan. Tenaga kerja yang merawat pasien COVID-19 harus selalu menerapkan pencegahan kontak fisik dan juga dengan cairan tubuh pasien.
Tujuan: Mengeksplorasi pengalaman para perawat dan dokter di Puskesmas Kasihan 1 dan Puskesmas Kasihan 2 dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien selama pandemi.
Metodologi: Menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam pada 6 partisipan yang merupakan tenaga kesehatan di Puskesmas Kasihan 1 dan Puskesmas Kasihan 2.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan pengalaman tenaga kesehatan puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan selama masa pandemi COVID-19 digambarkan oleh empat tema: 1) Perubahan Pelayanan di Puskesmas, 2) Tantangan Pemberian Pelayanan, 3) Positif Aspek yang didapatkan, dan 4) Beban Kerja yang meningkat.
Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan partisipan yang mengalami berbagai pengalaman selama memberikan pelayanan kesehatan di masa pandemi ini, pengalaman yang dirasakan itu berupa pengalaman positif dan negatif. Partisipan beranggapan memberikan pelayanan kesehatan di masa pandemi ini membuatnya merasakan berbagai tantangan dan beban pekerjaan yang berbeda dengan ketika sebelum adanya COVID-19.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengalaman Tenaga Kesehatan, COVID-19 |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 10 Sep 2022 01:21 |
Last Modified: | 10 Sep 2022 01:21 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33392 |