Taufik Nur Alfianto (2021) STRATEGI PROMOSI BELI ALBUM FISIK PADA GRUP BAND ENDANK SOEKAMTI DI ERA NEW MEDIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (600kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (270kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (191kB)
Bab I.pdf
Download (543kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (482kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (890kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (300kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (193kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (590kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
<p>Penelitian ini membahas bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh Beli Album Fisik untuk mempromosikan hasil karya dari grup band Endank Soekamti dalam bentuk rilisan berbentuk fisik. Karena pada era yang serba digital ini para musisi sudah jarang merilis hasil karyanya dalam bentuk fisik. Disini beli album fisik memposisikan sebagai toko musik yang memfasilitasi dari para musisi untuk merilis album fisiknya dalam bentuk boxset ekslusif, tidak hanya menawarkan album music dalam bentuk kaset dan cd saja namun juga disertai dengan <em>merchandise </em>unik dan terbatas, seperti kaos, <em>speaker, </em>film dokumenter musisi, dan sebagainya. Dengan harapan akan membangkitkan semangat para musisi untuk merilis albumnya dalam bentuk fisik. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui dokumentasi dan wawancara. Wawancara dilakukan kepada admin media sosial sekaligus digital marketing Beli Album Fisik, fans endank soekamti dan follower Beli Album Fisik, sedangkan dokumentasi merupakan tahap pengumpulan arsip atau laporan yang berkaitan dengan aktifitas Beli Album Fisik. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa dalam kegiatan promosi Beli Album Fisik menggunakan media sosial Instagram sebagai media dalam berpromosi, menggunakan media yang sedang popular harapannya dapat menggairahkan industri musik di Indonesia yang belakangan ini para musisi sudah jarang merilis hasil karyanya dalam bentuk fisik. Dikemas melalui pendekatan visual dalam menyampaikan pesan agar sampai kepada target audiensnya yaitu para fans dan juga kolektor. Menggunakan bauran promosi <em>sales promotion</em> dan juga <em>direct marketing </em>dengan harapan dapat melakukan kegiatan promosi yang efisien dan efektif.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 03:25 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 03:25 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3347 |