IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI BPJS KESEHATAN MAGELANG DALAM MENGEDUKASI DAN MENSOSIALISASIKAN IURAN PESERTA MELALUI PROGRAM KADER JKN PADA TAHUN 2021

BUDI CATUR PRASTIYONO (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI BPJS KESEHATAN MAGELANG DALAM MENGEDUKASI DAN MENSOSIALISASIKAN IURAN PESERTA MELALUI PROGRAM KADER JKN PADA TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Minimnya kesadaran membayar iuran peserta program JKN dari BPJS Kesehatan Magelang menjadi dasar penelitian ini. Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan dengan mendeskripsikan langkahlangkah yang dilakukan, salah satunya melalui program Kader JKN. BPJS Kesehatan Magelang memiliki 18 Kader JKN yang telah dibekali pelatihan dan edukasi terkait informasi apa saja yang harus disampaikan dan diketahui oleh peserta JKN. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, diawali dengan reduksi data, penyajian data dan analisis data kemudian diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Objek dalam penelitian ini yaitu BPJS Kesehatan Magelang. Pengambilan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sementara pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan dokumentasi data yang dimiliki BPJS Kesehatan Magelang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi BPJS Kesehatan Magelang dalam Program Kader JKN yang dilakukan secara “door to door” difokuskan pada pelibatan aparat desa dan perkumpulan ibu PKK. Sehingga informasi yang disampaikan Kader JKN lebih efektif dan diharapkan mampu meningkatkan kesadaran membayar iuran. Kader JKN juga dapat dengan luwes menyampaikan informasi, dengan tujuan memberitahu dan mengajak peserta JKN untuk membayar iuran peserta sesuai kebijakan yang berlaku. Di sisi lain, hasil dari evaluasi program Kader JKN menunjukkan hasil yang belum optimal dikarenakan jumlah kader JKN yang belum dapat mengakses seluruh sebaran alamat peserta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KOMUNIKASI, KADER JKN, BPJS KESEHATAN MAGELANG
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 08 Sep 2022 06:40
Last Modified: 08 Sep 2022 06:40
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33505

Actions (login required)

View Item
View Item