BUDI CATUR PRASTIYONO (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI BPJS KESEHATAN MAGELANG DALAM MENGEDUKASI DAN MENSOSIALISASIKAN IURAN PESERTA MELALUI PROGRAM KADER JKN PADA TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (309kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (642kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (111kB)
Bab I.pdf
Download (226kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (47kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (46kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (58kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (340kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Minimnya kesadaran membayar iuran peserta program JKN dari BPJS Kesehatan Magelang menjadi dasar penelitian ini. Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan dengan mendeskripsikan langkahlangkah yang dilakukan, salah satunya melalui program Kader JKN. BPJS Kesehatan Magelang memiliki 18 Kader JKN yang telah dibekali pelatihan dan edukasi terkait informasi apa saja yang harus disampaikan dan diketahui oleh peserta JKN. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, diawali dengan reduksi data, penyajian data dan analisis data kemudian diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Objek dalam penelitian ini yaitu BPJS Kesehatan Magelang. Pengambilan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sementara pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan dokumentasi data yang dimiliki BPJS Kesehatan Magelang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi BPJS Kesehatan Magelang dalam Program Kader JKN yang dilakukan secara “door to door” difokuskan pada pelibatan aparat desa dan perkumpulan ibu PKK. Sehingga informasi yang disampaikan Kader JKN lebih efektif dan diharapkan mampu meningkatkan kesadaran membayar iuran. Kader JKN juga dapat dengan luwes menyampaikan informasi, dengan tujuan memberitahu dan mengajak peserta JKN untuk membayar iuran peserta sesuai kebijakan yang berlaku. Di sisi lain, hasil dari evaluasi program Kader JKN menunjukkan hasil yang belum optimal dikarenakan jumlah kader JKN yang belum dapat mengakses seluruh sebaran alamat peserta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI KOMUNIKASI, KADER JKN, BPJS KESEHATAN MAGELANG |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 06:40 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 06:40 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33505 |