STRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA DIY DLAAM MENARIK WISATAWAN MELALUI INSTAGRAM VISITING JOGJA

ALIP SUPRAYITNO (2022) STRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA DIY DLAAM MENARIK WISATAWAN MELALUI INSTAGRAM VISITING JOGJA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berkembangnya teknologi internet memudahkan masyarakat mengakses informasi. Instagram merupakan salahsatu media sosial untuk membagikan foto dan video yang banyak digunakan di Indonesia, Berbagai macam bentuk usaha ataupun sejenisnya menggunakan instagram sebagai media promosi. Di era pandemi sektor kehidupan hampir lumpuh. Kebijakan karantina wilayah sesuai tingkat keparahan diwilayah tersebut, PSBB, dan PPKM menyebabkan penurunan yang sangat drastis disektor pariwisata, Yogyakarta sudah mulai menurun ketingkat PPKM level tiga, Dinas Pariwisata sudah bangkit membuka dan mengatur strategi dalam meningkatkan kembali sektor pariwisata. Melalui media sosial resmi dari Dinas Pariwisata DIY yaitu instagram @visitingjogja terdapat berbagai macam informasi mengenai pariwisata Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana strategi promosi Dinas Pariwisata DIY melalui instagram @visitingjogja. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman, uji validitas data yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata DIY melakukan promosi pariwisata melalui instagram @visitingjogja untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Strategi disusun dengan beberapa tahapan mempermudah tujuan promosi. Memperhatikan beberapa hal konten yang mengikuti trend dan kualitas dari konten, meliput segala aktivitas wisata, kuliner dan event yang ada di Yogyakarta, berinteraksi dengan followers, meyakinkan destinasi wisata di Yogyakarta sudah aman untuk dikunjungi bekerjasama dengan buzzer, blogger, dan influencer dalam pembuatan koenten secara langsug terhadap ajakan untuk berwisata dan melakukan vaksin wisata yang ada. Bekerjasama dengan akun media sosial lain dan beberapa event yang ada di Yogyakarta. Di era pandemi konten yang ada di instagram @visitingjogja lebih difokuskan pada ajakan untuk vaksin dan kemudian berwisata kembali ke Yogyakarta, berbeda dengan postingan sebelum pandemi, pada periode pandemi 2021 lebih memperkenalkan spot-spot kuliner yang ada di Yogyakarta. Penggunaan fitur instagram juga dilakukan, konten instagram yang up to date setiap harinya tiga kali berupa informasi mengenai kuliner dan dan informasi bahwa beberapa. Dinas Pariwisata DIY juga memonitoring dan mengevaluasi setiap konten. Strategi promosi melalui instagram oleh Dinas Pariwisata DIY sangat membantu menyebarkan informasi kepada wisatawan yang akan berkunjung dan menciptakan awareness keindahan alam, kuliner, dan budaya yang ada di Yogyakarta. Konten kreator juga telah menyiapkan beberapa untuk uploading konten di @visitingjogja

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PROMOSI, MEDIA SOSIAL, INSTAGRAM
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 08 Sep 2022 06:51
Last Modified: 08 Sep 2022 06:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/33554

Actions (login required)

View Item
View Item